Universitas Baiturrahmah Tuan Rumah Pertemuan LLDikti X Bersama Ming-Chi University of Technology

Universitas Baiturrahmah menjadi tuan rumah pertemuan antara kampus di bawah arahan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) wilayah X bersama Ming-Chi University of Technology (MCUT) yang diselenggarakan di Kampus Unbrah Aie Pacah, Padang 12 November 2019.

Kegiatan yang dipusatkan di Auditorium Unbrah tersebut berbentuk diskusi panel yang melibatkan tujuh perwakilan MCUT dengan peserta diskusi yang berasal dari puluhan kampus swasta di lingkungan LLDikti wilayah X.

Kegiatan yang dimulai pukul 09.00 WIB dibuka dengan penampilan Tari Pasambahan yang kemudian dilanjutkan dengan pemberian sirih kepada delapan perwakilan MCUT, Kepala LLDikti Prof Herri, MBA, Ketua Yayasan Pendidikan Baiturrahmah Hj Maizarnis dan Rektor Unbrah Prof. Dr. Ir. Musliar Kasim, M.S.

Usai dinyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan Kebangsaan Taiwan, serta ditutup dengan doa, Rektor Unbrah menyampaikan kata sambutannya.

Dalam sambutannya Rektor mengungkapkan apresiasinya kepada LLDikti X karena memilih Unbrah sebagai lokasi pertemuan antara PTS dengan Ming-Chi University of Technology. Selain itu juga mengucapkan terima kasih atas kedatangan delapan perwakilan dari Taiwan tersebut.

Dalam kesempatan tersebut Rektor berharap setelah adanya pertemuan akan ada tindaklanjutnya seperti kerja sama dalam bidang tri dharma perguruan tinggi atau tukar menukar mahasiswa. Di samping itu tokoh yang pernah menjadi Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI tersebut berharap pertemuan itu dapat memotivasi kampus swasta di LLDikti X untuk dapat lebih berkembang dan maju.

Pada sambutan tersebut juga rektor mengenalkan kampus Unbrah mulai dari struktur pimpinan hingga jumlah fakultas dan jumlah mahasiswa.

Usai Rektor Unbrah, giliran Kepala LLDikti wilayah X Prof. Herri, MBA yang menyampaikan kata pembuka. Dalam sambutannya Prof Herri menyampaikan tujuan utama kedatangan perwakilan MCUT yakni memperkuat kerja sama yang telah terjalin sebelumnya dengan LLDikti X dan PTS. Selain itu juga membuka peluang kerja sama lain yang menguntungkan.

Secara khusus kata Prof Herri, kedatangan MCUT juga untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman tentang pendidikan tinggi yang ada di Taiwan dan yang ada di wilayah LLDikti X yakni Sumbar, Riau, Jambi dan Kepulauan Riau. Di samping juga untuk mengenalkan program “Summer Camp” bagi mahasiswa yang berkaitan dengan pendidikan dan kebudayaan.

Dipilihnya Unbrah sebagai pelaksana kata Prof Herri karena kesiapan infrastruktur, serta sumber daya manusia yang memadai. Tentunya ini menjadi modal bagi Unbrah untuk melangkah lebih jauh seperti go internasional.

Usai Prof Herri, giliran President of Ming-Chi University of Technology Thua Hua Lia yang memberikan kata sambutan dan dalam salah satu pembukanya dia memuji kehangatan dan keramahan masyarakat Indonesia khususnya panitia kegiatan pertemuan yang berasal dari Unbrah dan LLDikti wilayah X.

Setelah pembukaan singkat oleh President of MCUT, lima perwakilan yang berasal dari lima department berbeda di kampus tersebut mengenalkan secara singkat jurusan atau fakultas yang ada di MCUT termasuk ke dalamnya program dan risetnya.

Kelima perwakilan tersebut yakni Winnie yang memaparkan tentang pengenalan secara umum MCUT, program fast track dan program Summer Camp, Kemudian Meng-Jey yang merupakan profesor yang meneliti dalam bidang Engineering, Kyle yang memaparkan tentang seluk beluk kampus jurusan lingkungan dan sumber daya alam, Kelly yang menjelaskan tentang kampus manajemen dan bisnis serta Joyce yang mengenalkan kampus manajemen dan design.

Kemudian kelima perwakilan tampil di depan audiense secara langsung dalam bentuk dialog interaktif yang dipandu oleh moderator dr. Dian Ayu Hamama.

Dialog ini berupa talkshow interaktif berupa menjawab pertanyaan audiens atau peserta pertemuan tentang berbagai hal dari MCUT termasuk kemungkinan kerja sama antar kampus. Beberapa peserta juga menanyakan tentang peluang kerja sama pertukaran mahasiswa, dosen hingga riset antar bidang.

Kegiatan berlangsung selama satu jam dan diakhiri dengan penyerahan cendera mata dan plakat penghargaan dari ketiga pihak. Mulai dari LLDikti X kepada perwakilan MCUT, kemudian Unbrah  kepada MCUT dan MCUT kepada Unbrah dan LLDikti.

Kegiatan pertemuan diakhiri dengan sesi foto bersama yang kemudian dilanjutkan dengan makan siang.

Usai kegiatan pertemuan perwakilan MCUT mengunjungi Kampus Fakultas Kedokteran Gigi Unbrah dan Rumah Sakit Gigi dan Mulut Unbrah. Kegiatan ini berlangsung selama setengah jam dan rombongan MCUT kembali bertolak ke Bengkulu dan selanjutnya ke Pekanbaru.

Sebagai informasi rombongan Taiwan ini hadir di Indonesia sejak Sabtu 9 November 2019 dan telah mengunjungi beberapa kampus di Sumbar antara lain Universitas Andalas, PNP, UNP dan Institut Prima Nusantara.

Khusus di Unand dan UNP, rombongan MCUT ini tengah mencari dan menjaring mahasiswa yang dapat mengikuti Summer Camp di Taiwan.