Karya Dosen FKG Unbrah Abu Bakar P.hD Kamera Pendeteksi Gigi dan Mulut dipamerkan di Jerman

Karya drg. Abu Bakar, P.hD dipamerkan di Jerman

Dosen Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Baiturrahmah, drg. Abu Bakar M.Med.Ed, Ph.D Bersama tim berkolaborasi dengan mitra IBE Reality mengembangkan SIOCa (Smart Intra Oral Camera) yang dapat digunakan untuk mendeteksi penyakit gigi dan mulut. Produk kamera tersebut dapat digunakan untuk mendeteksi kasus penyakit gigi dan mulut berbasis kecerdasan buatan dan internet of things.

Tim peneliti yang terdiri dari drg. Abu dan drg. Valend dari Universitas Baiturrahmah, Dr. Karisma dan Dr. Cahya dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dan Dr. rasyid serta Dr. Rizqa dari Universitas lancing kuning dan melibatkan 30 mahasiswa dari ketiga perguruan tinggi  tersebut mendapatkan pendanaan hibah Matching Fund Kedaireka dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Ketua tim peneliti, drg. Abu mengatakan bahwa banyaknya kasus kanker rongga mulut yang terlambat diagnosisnya mendorongnya untuk menciptakan inovasi alat pendeteksi penyakit gigi dan mulut.

drg. Abu Bakar, P.hD bersama tim.

Rektor Universitas Baiturrahmah, Prof. Dr. Ir. Musliar Kasim MS mengungkapkan harapannya dengan inovasi tersebut, skrining dan penegakan diagnosis dini penyakit yang diprediksi sulit diterapi seperti kanker rongga mulut sudah dapat dilakukan di fasilitas Kesehatan tingkat pertama seperti Puskesmas, praktik dokter gigi dan klinik pratama. Dengan adanya deteksi dini tersebut, dokter gigi dapat melakukan terapi awal atau rujukan yang dapat mencegah penyakit berkembang lebih parah.

drg. Abu Bakar berfoto bersama Rektor Unbrah.

Proses produksi kamera dilakukan di IBE reality sebagai industri yang bergerak di bidang robotik, kecerdasan buatan dan energi terbarukan. IBE reality bersedia menjadi mitra dalam program Matching Fund terkait pengembangan kamera pendeteksi penyakit gigi dan mulut. Tim dari IBE Reality telah memproduksi 30 produk kamera SIOCa dan telah memamerkan produk tersebut pada acara Manufacturing Indonesia dari tanggal 30 November sampai dengan 3 Desember 2022 di Jakarta International Expo. Acara tersebut diselenggarakan oleh Kementerian Perindustrian Republik Indonesia. Selain itu, Kamera SIOCa telah dipamerkan pada acara Hannover Messe, Jerman pada tanggal 13-22 April 2023.

Kamera SIOCa telah divalidasi di Rumah Sakit Gigi Mulut Universitas Baiturrahmah dan beberapa praktik dokter gigi di Kota Padang dan sudah didaftarkan produk patennya. Program Matching Fund yang digagas Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ini banyak mendapatkan apresiasi dari berbagai pihak karena telah mempertemukan dunia Pendidikan tinggi dan dunia industry untuk menghasilkan produk inovasi yang bermanfaat bagi masyarakat.