Usai Genggam Akreditasi Baik Sekali, Prodi Radiologi Unbrah “Ngebut” Laksanakan AMI

Kegiatan AMI Radiologi 2023.

Program Studi DIII- Radiologi Fakultas Vokasi Unbrah bergerak cepat  melaksanakan Kegiatan Audit Mutu Internal untuk menyiapkan Program Kerja dan Re-Akreditasi selanjutnya meskipun baru mendapatkan penilaian akreditasi Baik Sekali pada Desember 2022 lalu.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Lembaga Pengembangan Pengajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) Unbrah Prof. Dr. Novirman Jamarun, M.Sc dalam sambutannya pada pembukaan kegiatan AMI Prodi Radiologi 2023 di Ruang Pertemuan Fakultas Vokasi Unbrah Jumat 10 Maret 2023.

Menurut Prof. Novirman hal ini perlu diapresiasi karena memiliki motivasi dan semangat untuk memperbaiki setiap kekurangan yang ada baik pada AMI sebelumnya atau saat Assesment Lapangan lalu.

Kepala LP3M Unbrah.

Meskipun demikian pemahaman AMI dan Assesment akan berbeda, bahkan bisa saja AMI akan lebih berat dibanding Assesment.

Hal ini dikarenakan kegiatan AMI bersifat internal dan perbaikan dari setiap ketidaksesuaian tentu akan lebih menyeluruh dibanding Assesment yang disesuaikan dengan instrumen penilaian.

Di samping itu, Prodi juga perlu menjadikan AMI ini bagian dari persiapan Re-Akreditasi sehingga akan lebih memudahkan saat penyusunan dokumen akreditasi serta visitasi dari asesor.

Kemudian kata Prof Novirman, usai melaksanakan AMI, Prodi Radiologi harus segera melaksanakan Rapat Tinjauan Manajemen (RTM), sebab hasilnya yang akan menjadi bahan Assesment.

Selain itu Hasil RTM ini akan menjadi bahan yang akan dimasukkan ke dalam aplikasi SPMI

“Pendidikan tinggi saat ini tidak bisa hanya diawang-awang harus ada bukti nyata termasuk pembangunan dan pengembangannya,” ujarnya.

Dekan Vokasi.

Senada itu Dekan Vokasi Unbrah Prof. Dr. apt. Amri Bakhtiar, MS.DESS berharap agar pada program kerja selanjutnya terjadi peningkatan kualitas dari sebelumnya.

Terutama memperbaiki setiap kekurangan atau ketidaksesuaian dari AMI atau Visitasi sebelumnya.

Sementara itu AMI ini dipimpin oleh Ketua Auditor Ira Suryanis, S.ST, M.Keb dengan anggota dr. Prima Adelin, Sp.PK dan Nirmala Sari, S.ST, M.Keb.

AMI ini dilaksanakan selama dua hari pada Jumat hingga Sabtu 10-11 Maret 2023.