Prodi S1 Kebidanan dan Pendidikan Profesi Bidan Unbrah Gelar Workshop Kurikulum

Workshop Kurikulum S1 dan Profesi Bidan

Program Studi S1 Kebidanan dan Profesi Bidan Unbrah menggelar kegiatan workshop Kurikulum pada Senin-Selasa 13-14 Maret 2023 di Ruang Sidang Yayasan Pendidikan Baiturrahmah Kampus Aie Pacah Padang.

Kegiatan workshop ini dibuka oleh Rektor Unbrah Prof. Dr. Ir. Musliar Kasim, M.S pada Senin 13 Maret 2023 dengan narasumber Asesor LAMPTKes Dr. Yanti, M.Keb.

Dalam sambutannya Rektor Unbrah menyampaikan bahwa workshop ini penting mengingat Prodi S1 Kebidanan dan Pendidikan Profesi Bidan baru berdiri pada 2022 sehingga membutuhkan pembahasan kurikulum yang tepat dan menghasilkan kompetensi yang mumpuni.

Rektor Unbrah.

Baik itu kata Rektor dari kompetensi pengetahuan, keterampilan dan sikap harus disesuaikan dengan jenjang pendidikannya. Artinya kompetensi pada Prodi D3 dan S1 saat ini harus menghasilkan output yang berbeda.

Dalam hal ini ujar Rektor lagi, SDM yang ada saat ini dapat merubah mindset dari sebelumnya program diploma menjadi sarjana.

Dr. Yanti, M.Keb

“Perubahan ini yang akan diterjemahkan dalam kurikulum baru nantinya,” ucapnya.

Sementara itu dalam workshop tersebut, Dr. Yanti, M.Keb mengupas berbagai hal yang tepat untuk bahan kurikulum, mulai dari visi dan misi prodi, standar hingga penentuan mata kuliah yang tepat.

Di samping itu Dr. Yanti juga menyampaikan beberapa tips dan trik untuk persiapan dan pengelolaan Prodi S1 Kebidanan dan Profesi Bidan.

Dr Yanti juga menerapkan pelatihan pembuatan bahan kuliah dan dokumen penyusun kurikulu lainnya.

Kegiatan ini diikuti oleh dosen, tendik Prodi S1 Kebidanan dan Profesi Bidan serta beberapa prodi terkait.