Unbrah-RSI Siti Rahmah Gelar Seminar Peringatan Hari Kanker Se-dunia 2020

Universitas Baiturrahmah (Unbrah), Rumah Sakit Islam (RSI) Siti Rahmah bersama Puskesmas Aie Dingin Padang menggelar Seminar Awam, Konsultasi Kesehatan, Pemeriksaan Sadari, IVA dan Papsmear dalam peringatan Hari Kanker Sedunia yang dipusatkan di Auditorium Kampus Unbrah Aie Pacah, 4 Februari 2020.

Direktur RSI Siti Rahmah Dr. Rifky yang membuka sambutan mengatakan alasan setiap 4 Februari diperingati Hari Kanker Sedunia karena penyakit mematikan itu intensitasnya kian lama kian meningkat. Padahal sejatinya kanker dapat dicegah sebelum terjadi.

Dengan tema I Am dan I Will menandakan bahwa seluruh umat manusia peduli pada kanker dengan tekad saya akan melakukan pencegahan, penghindaran, dan pemeriksaan lanjutan. Semisal kanker serviks atau mulut rahim dilakukan melalui deteksi dini dan pemeriksaan IVA. Tekad ini semakin kuat karena fasilitas yang diberikan pemerintah juga dinilai telah mengakomodasi kebutuhan. Seperti upaya pencegahan preventif dan promotif mulai dari Puskesmas hingga Rumah Sakit.

Saat ini di RSI Siti Rahmah kata direktur juga terdapat teknologi dan alat yang bermanfaat untuk diagnosa pencegahan kanker semisal mamografi, USG 4 Dimensi, kemudian Magnetic resonance imaging (MRI), computed tomography (CT) scan, dan alat lainnya.

Rektor Universitas Baiturrahmah Prof. Dr. Ir. Musliar Kasim, MS yang membuka kegiatan menyampaikan perlunya upaya preventif atau pencegahan kanker sejak dini. Persoalannya kata Rektor life style saat ini sangat mempengaruhi munculnya penyakit kanker tersebut.

Sebagai contoh menjamurnya cafe dan rumah makan cepat saji menjadikan pola makan orang berubah. Dari yang biasa masak sendiri dengan pertimbangan higienitas dan kesehatan menjadi membeli makan dengan beragam bumbu yang belum terjamin secara kesehatannya.

Bahkan dengan perkembangan teknologi seperti layanan makan daring, pola makan juga tidak teratur seperti makan di malam hari dengan porsi yang berat.

“Selain pencegahan, deteksi dini juga perlu dilakukan dengan pemeriksaan,” kata Rektor.

Rektor menambahkan bila memang telah mengalaminya, dunia kesehatan telah memiliki sistem untuk penyembuhan melalui pengobatan seperti terapi.

Usai pembukaan dua orang narasumber yang merupakan dokter di Padang dan juga dosen Fakultas Kedokteran Unbrah. Keduanya yakni dr. Ferry Iskandar Sinaga, Sp.Og yang merupakan dokter spesialis kandungan, dan dr. M Nur Huda yang merupakan dokter spesialis bedah.

Dalam pemaparannya dr. Ferry Iskandar Sinaga menyampaikan tentang kanker mulut rahim atau serviks. Mulai dari pengenalan kanker, asal kanker dan penyebabnya.

Kemudian dr. Ferry menyampaikan penyebab kanker serviks pada perempuan ini antara lain karena seks bebas, hamil di usia muda serta akibat paparan rokok. Selain itu dr.Ferry juga memaparkan cara pencegahan kanker serviks sejak dini seperti melakukan pemeriksaan IVA di Puskesmas atau Rumah Sakit.

Setelah dr. Ferry, giliran dr. M Nur Huda yang menyampaikan terkait kanker usus besar. Dokter spesialis organ dalam itu juga menyebutkan tentang penyebab kanker usus seperti kurangnya makanan yang berserat dan konstipasi.

Di samping itu dr. M Nur Huda menyampaikan gejala kanker usus antara lain buang air besar berdarah, dan diare lama.

Kegiatan ini dimoderatori oleh Pemuda Pelopor Sumbar 2019 Rahmat “Uncu” Hidayat yang juga menjadi Master of Ceremony pada kegiatan yang dihadiri kaum wanita yang ada di sekitar Aie Pacah dan sekitarnya.

Kegiatan ini juga dihadiri perwakilan Dinas Kesehatan Kota Padang yang menyampaikan masih rendahnya upaya deteksi dini dari masyarakat terkait kanker serviks di Padang.

Kegiatan peringatan Hari Kanker Sedunia ini juga tidak hanya dilaksanakan di  Unbrah Padang namun di lokasi lainnya serentak di seluruh dunia.