Rangkaian Kegiatan Hasimaru 2019 Unbrah Resmi Berakhir

Rangkaian kegiatan Hari Silaturahim Mahasiswa Baru (Hasimaru) Universitas Baiturrahmah (Unbrah) 2019 yang dilaksanakan sejak 18 Agustus 2019 resmi ditutup dan berakhir pada Minggu 1 September 2019 dengan orientasi di fakultas masing-masing.

Selama lebih dua pekan tersebut mahasiswa baru Unbrah yang terdiri atas lima fakultas dan sepuluh program studi melaksanakan tiga kegiatan utama.

Ketiga kegiatan tersebut yakni Diklat Kedisiplinan dan Bela Negara yang dilaksanakan di Secata B Padang Panjang pada 18 Agustus hingga 26 Agustus 2019. Kegiatan Holistiq Spiritual Qurani pada 24 hingga 30 Agustus 2019. Serta Orientasi mahasiswa baru pada 31 Agustus hingga 1 September 2019.

Wakil Rektor III Unbrah Amrullah, S.E, M.Si dalam sambutannya saat menutup Hasimaru tingkat Universitas Sabtu 31 Agustus 2019 mengapresiasi tiga kegiatan tersebut. Menurut ketua Forum Komunikasi Kemahasiswaan Sumbar tersebut kegiatan Diklat dan HSQ cukup penting bagi pembentukan karakter mahasiswa sebelum mengenal lingkungan kampus dan kuliah.

Dengan adanya bimbingan dan binaan dari TNI di Secata diharapkan dapat membentuk kedisiplinan dan mental yang kuat bagi mahasiswa dalam kuliah. Sedangkan HSQ akan membentuk pribadi yang mencintai agama khususnya Al Qur’an dan memperkuat Akhlakul Karimah.

Disempurnakan dengan acara pengenalan lingkungan dan orientasi di universitas dan fakultas menandakan mahasiswa siap menghadapi perkuliahan pada Senin 2 September 2019.

Wakil Rektor III menambahkan untuk tahun ajaran ini, mahasiswa Unbrah dapat dikatakan beragam-ragam dari seluruh Indonesia. Tidak hanya Minangkabau, ada Melayu Riau, Jambi, Bengkulu, Sumatera Utara dan daerah lain. Ini tentu menjadi momen bagi kampus untuk mempererat tali silaturahmi sesama warga negara meski berbeda budaya. Keragaman tersebut nantinya bisa menjadi kekayaan kampus yang seterusnya Indonesia.

Sementara itu pada Minggu 1 September , dilaksanakan secara serentak orientasi mahasiswa baru di fakultas masing-masing.

Empat Fakultas yakni Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, Ekonomi dan Vokasi dipusatkan di Kampus I Unbrah di Aie Pacah Padang. Serta Fakultas Kedokteran Gigi di Kampus II FKG Sungai Sapih Padang.

Dari pantauan kegiatan sejak pukul 06.30 WIB diawali dengan senam bersama dan baris berbaris.

Kemudian mahasiswa yang menggunakan atribut kebesaran sesuai simbol fakultas masing-masing dikumpulkan di beberapa lokal untuk menerima materi dari dosen dan pimpinan setiap fakultas.

Kegiatan ini akan ditutup pada pukul 17.00 WIB Sore di fakultas masing-masing.