Fakultas Vokasi Unbrah Gelar Simulasi Bencana Gempa Bumi

Simulasi penanganan korban.

Fakultas Vokasi Universitas Baiturrahmah (Unbrah) menggelar simulasi bencana gempa bumi pada 3 hingga 4 Mei 2024 yang dipusatkan di Gedung perkuliahan Unbrah Aie Pacah.

Kegiatan ini dibuka oleh Rektor Unbrah pada Sabtu 4 Mei 2024 yang diikuti oleh 197 mahasiswa Vokasi yang terdiri atas 90 mahasiswa Prodi Keperawatan Anestesiologi angkatan 2021, 40 mahasiswa Prodi Kebidanan angkatan 2022, dan 67 mahasiswa Prodi Radiologi 2023.

Rektor membuka acara

Pada sambutannya Rektor menyambut baik adanya simulasi tersebut mengingat ini sesuai dengan visi dan misi dari Fakultas Vokasi yang menyisipkan penanganan kebencanaan dan kegawatdaruratan.

Disamping itu juga menurutnya kegiatan ini efektif dilaksanakan dikarenakan Sumatera Barat menjadi salahs satu wilyah yang rawan terjadi gempa bumi.

“Mahasiswa dan civitas dapat terlatih dalam penanganan kebencanaan ke depannya,” sebut Rektor.

Sementara Ketua Panitia Kegiatan Ns. Yance Komala Sari, S.Kep, M.Kep mengatakan kegiatan ini bertema “Hospital Disaster Plan” atau pengelolaan rumah sakit darurat saat terjadi bencana gempa bumi.

Ketua Panitia.

Dalam skenarionya, Rumah Sakit mengalami rusak berat dan tidak berfungsi sehingga memerlukan evakuasi pasien ke rumah sakit lapangan.

Simulasi ini sebutnya, bertujuan melatih mahasiswa untuk tanggap dan cepat dalam penanganan kegawatdaruratan bencana, termasuk cermat dalam mengambil keputusan di saat waktu mendesak. Selain itu juga melatih mahasiswa untuk menjalin koordinasi yang optimal dalam penanganan korban bencana.

Kegiatan ini dipimpin oleh instruktur Ns.Mulhendra, S.Kep dari RSU Achmad Muchtar Bukittinggi