Tim Asesor LAMPTKes Lakukan Visitasi Prodi Kesehatan Masyarakat Unbrah

Foto bersama Asesor.

Tim Asesor Akreditasi dari Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan (LAMPTKes) melakukan visitasi atau Asesmen Lapangan dalam rangka Re-akreditasi Prodi Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Fakultas Ilmu Kesehatan Unbrah pada 2 hingga 4 Mei 2024 di Kampus Unbrah Aie Pacah Padang.

Tim ini terdiri atas Dr. Drs. Sutanto Priyo Hastono, M. Kes dan Dr. Nur Asniati Djaali, SKM, MKM, yang selama tiga hari melakukan peninjauan dokumen borang Akreditasi, interview, sekaligus kunjungan ke beberapa sarana prasarana Prodi.

Pada hari pertama kegiatan visitasi, kedua asesor dijamu makan siang oleh Ketua Yayasan Pendidikan Baiturrahmah Hj Maizarnis di Rumah Bagonjong Baiturrahmah.

Jamuan makan.

Dalam pertemuan yang juga dihadiri pimpinan Prodi, Fakultas hingga Rektor, Hj Maizarnis mengenalkan beberapa panganan khas Minangkabau sembari menceritakan sejarah dari pendirian Universitas Baiturrahmah.

Kegiatan ini ditutup dengan shalat Dhuhur berjamaah di Masjid Baiturrahmah.

Usai Shalat Dhuhur, dilaksanakan pembukaan visitasi Akreditasi di Ruang Sidang Yayasan Pendidikan Baiturrahmah.

Dalam aambutanpembukaannya Rektor Unbrah Prof. Dr. Ir. Musliar Kasim, M.S menyampaikan harapannya agar Prodi Kesmas memperoleh nilai unggul dalam Re-akreditasi kali ini.

Pembukaan oleh rektor Unbrah.

Menurut Rektor, dengan SDM yang ada saat ini ditambah geliat Unbrah dalam mengembangkan Pendidikan tinggi dinilai ikut mendukung penguatan berbagai elemen atau kriteria Akreditasi Prodi Kesmas.

“Kami hanya berharap agar Prodi Kesmas dapat diberikan nilai baik oleh para asesor, ” ujar Rektor.

Setelah pembukaan oleh Rektor, giliran perwakilan Asesor dalam hal ini Dr. Drs. Sutanto Priyo Hastono, M. Kes menyampaikan ulasan dan rencana visitasi Akreditasi Prodi Kesmas Unbrah.

Pembukaan oleh Asesor.

Ia menyebutkan bahwa Kegiatan Visitasi ini dimulai dengan penyampaian presentasi profil dan materi dari pihak Prodi lalu dilanjutkan dengan pemahaman dan pendalaman oleh Asesor.

Terdapat 9 kriteria yang akan dinilai dalam visitasi ini sesuai dengan dokumen evaluasi diri dan kinerja dalam borang yang telah dikirimkan Prodi.

“Kami tidak menjustifikasi hanya akan melihat kesesuaian dokumen dengan realita, apakah semakin kinclong atau semakin buram, ” katanya.

Lebih lanjut, dalam perjalananya akan dilakukan interview dengan stakeholder internal maupun eksternal serta meninjau sarana dan prasarana.

“Apakah standar SPMI yang telah disusun tersebut sesuai dengan yang ada di lapangan, ” tambahnya.

Menurutnya jika terdapat kekurangan nantinya akan diberikan rekomendasi untuk perbaikan, sebaliknya jika ada keunggulan akan diarahkan pada optimalisasi penyelenggaraan program Prodi.

“Intinya visitasi ini lebih ke memotret kemudian kami akan menyimpulkan hasilnya di akhir kegiatan, ” sebutnya.

Penyampaian presentasi.

Setelah kegiatan pembukaan ini, hari pertama dilaksanakan presentasi singkat terkait gambaran Prodi oleh Ketua Prodi Kesmas, Hilda Hidayat, SKM, MKM.

Kemudian dilanjutkan dengan pendalaman dan penelaahan materi pada 9 kriteria dari dokumen yang telah dikirimkan.

Sesi Interview

Sementara itu Pada hari kedua Jumat 3 Mei 2024, dilaksanakan Interview kepada stakeholder eksternal dan internal yakni alumni, dosen, tenaga kependidikan, hingga mahasiswa.

Kunjungan sarana prasarana.

Dilanjutkan dengan kunjungan ke beberapa sarana prasarana pendukung mulai dari kantor Prodi Kesmas, GKM Kesmas, Ruang Rapat, Kelas perkuliahan, Laboratorium, Studio, Pustaka, CBT, labor bahasa hingga laboratorium komputer.

Penututupan Asesmen lapangan.

Pada hari kedua ini juga dibacakan hasil telaah yang dilakukan oleh kedua asesor. Dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara Asesement.

Sedangkan hari ketiga kedua asesor diberikan kesempatan untuk melakukan tur atau perjalanan ke objek wisata.