Lahirkan 37 Dokter Baru, FK Unbrah Laksanakan Yudisium Dokter ke 61

Fakultas Kedokteran Universitas Baiturrahmah melaksanakan kegiatan Yudisium dan Sumpah Profesi Dokter ke LXI di Ruang Auditorium Kampus Aie Pacah Padang Sabtu 11 Januari 2020.

Sebanyak 37 dokter yang telah lulus Ujian Kompetensi Mahasiswa Pendidikan Profesi Dokter (UKMPPD) dilantik dan diambil sumpah oleh Dekan FK Unbrah Prof. dr. Amir Muslim Malik, P.hd yang disaksikan Rektor, Wakil Rektor I Unbrah serta pimpinan fakultas.

Dalam sambutannya Dekan FK mengatakan kelulusan mahasiswa menjadi dokter ini juga akan mempengaruhi penilaian akreditasi FK oleh LAMPTKes pada tahun ini.

Jumlah 37 lulus ini dari 92 orang yang ikut UKMPPD pada November 2019. Dengan IPK rata-rata 3,00 hingga 3,55 dan predikat memuaskan.

Harapannya tentu akreditasi dapat bernilai A sehingga semakin memudahkan alumni dan civitas akademika Kedokteran di luar atau usai lulus. Bahkan saat ini dengan akreditasi B saja pada fakultas dan universitas , alumni FK dapat berkiprah sebagai PNS dan Akmil. Semisal keberhasilan Rachmat Fajar sebagai lulusan Akmil terbaik Matra TNI AL membuktikan FK Unbrah memiliki kualitas yang baik di nasional.

Ke depannya para lulusan ini akan melakukan internship untuk itu selain bisa menjaga nama baik almamater juga tetap memunculkan prestasi dalam kerja.

Sementara itu Rektor Unbrah Prof. Dr. Ir. Musliar Kasim, M.S mengatakan agar para lulusan dapat terus komitmen menjaga sumpah dan Marwah sebagai seorang dokter di manapun berada.

Khususnya dalam meningkatkan peranan pada pengembangan kesehatan dan pencegahan penyakit nasional. Harapannya ke 37 dokter yang dilantik saat ini akan menjadi tenaga kesehatan terbaik di masa depan.

Pada kegiatan Yudisium itu juga ada penampilan vokal dari salah satu dokter, penyampaian kesan dan pesan dari dokter dan orang tua.

Kegiatan ini diakhiri dengan sesi foto bersama antara lulusan dan pimpinan kampus serta fakultas.