KSR-PMI Unbrah Perkuat Skill Anggota Lewat Diklatsar

Korps Sukarelawan Palang Merah Indonesia (PMI) Universitas Baiturrahmah (Unbrah) akan memperkuat skill anggota baru lewat Pendidikan dan Pelatihan Dasar (Diklatsar) pada tanggal 23 hingga 30 Desember 2019.

Komandan KSR PMI Abdul Halim, Senin di Padang mengatakan Diklatsar ini dilaksanakan selama 120 jam yang meliputi pelatihan dasar PMI seperti kepalangmerahan, manajemen bencana, PP dasar, PP assesment, pendarahan dan syok, pendaruratan medis, simulasi dan evakuasi.

Bagi anggota baru PMI ini semua bagian dari kurikulum PMI yang telah standar ditetapkan dan nantinya wajib dipraktekkan. Sebab kinerja PMI bukan main-main namun sangat berhubungan dengan sosial tentu pelatihan ini dilaksanakan serius dan penuh perhitungan.

Lebih lanjut kata Abdul Diklatsar merupakan suatu rangkaian kegiatan yang harus ditempuh oleh setiap individu yang mempunyai jiwa sosial tinggi dan ingin berkecimpung serta mengabdi dalam dunia ke-Palang Merah-an.

Dalam kegiatan tersebut mereka akan dididik dan dilatih sedemikian rupa sehingga setelah mereka lulus dari DIKLATSAR mereka akan menjadi generasi relawan PMI yang siap terjun di masyarakat serta berbakti kepada bangsa dan negara.

Sementara itu Wakil Rektor III Unbrah Amrullah, SE, M.Si pada satu kesempatan mengatakan PMI merupakan unit kegiatan mahasiswa yang memiliki anggota dengan kesigapan, dan kesiapan tinggi dalam menghadapi persoalan sosial seperti bencana atau kecelakaan.

Untuk itu pelatihan Seperti Diklatsar bila dilaksanakan dengan baik dan sungguh-sungguh amat bermanfaat menambah ilmu dan keterampilan anggota.