Zhahira Hidayah di Universitas Indonesia.

Zhahira Hidayah, Mahasiswi Universitas Baiturrahmah, Menjadi Bagian Musyawarah Nasional ISMKMI di Universitas Indonesia

Mahasiswi Program Studi Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Baiturrahmah, Zhahira Hidayah ikut serta dalam Musyawarah Nasional (Munas) Ikatan Senat Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Indonesia (ISMKMI) yang diadakan di Universitas Indonesia, Depok. Acara ini berlangsung pada tanggal 20 Mei hingga 2 Juni 2024, dimulai secara online dan dilanjutkan secara offline.

Munas Online: 20 Mei – 28 Mei 2024

Kegiatan Munas dimulai dengan sesi online yang berlangsung dari tanggal 20 hingga 28 Mei. Pada periode ini, berbagai diskusi awal dan persiapan dilakukan untuk mematangkan agenda yang akan dilanjutkan secara offline.

Munas

Munas Offline Day-1: Sidang Pleno

Pada tanggal 30 Mei, Munas dilanjutkan secara offline di Universitas Indonesia, Depok. Hari pertama kegiatan offline diawali dengan Sidang Pleno, melanjutkan pembahasan dan penetapan agenda serta peraturan yang telah dirancang selama sesi online.

Munas Offline Day-2: Rembuk Kesmas dan Penyusunan Public Health Charter

Hari kedua Munas, 31 Mei, diisi dengan kegiatan Rembuk Kesmas yang berupa Focus Group Discussion (FGD). Diskusi ini membahas arah dan masa depan Ikatan Senat Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Indonesia (ISMKMI). Setelah diskusi selesai, kegiatan dilanjutkan dengan penyusunan “Public Health Charter” yang akan disampaikan pada Indonesia Public Health Summit 2024.

Munas Offline Day-3: Indonesian Public Health Summit 1st 2024

Pada hari ketiga, 1 Juni, diadakan Indonesian Public Health Summit pertama tahun 2024 dengan tema “Berlabuh Kemana Kesehatan Masyarakat Selanjutnya?”. Acara ini menghadirkan beberapa pembicara ternama, antara lain:

Keynote Speakers:
– Prof. dr. Ali Ghufron Mukti, MSc, PhD (Direktur Utama BPJS Kesehatan RI)
– Dr. Endang Sumiwi, MPH (Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat KEMENKES RI)
– Emanuel Melkiades Laka Lena (Wakil Ketua Komisi IX DPR RI)
– Dien Anshari, S.Sos, M.Si, Ph.D (Manager Kemahasiswaan FKM Universitas Indonesia)

Speakers:
– Rheinatus A. Beresaby, SE, M.Hum (Trainer Box Of Thinking)
– Manik Marganamahendra, S.K.M (Ketua Umum IYCTC)
– Iman Mahaputra Zein (Communication Manager Stop TB Partnership Indonesia)

Summit ini menjadi ajang penting untuk berdiskusi dan bertukar pandangan mengenai masa depan kesehatan masyarakat di Indonesia.

Kampanye ISMKMI

Munas Offline Day-4: World No Tobacco Day Campaign 2024

Hari terakhir Munas, 2 Juni, diisi dengan kampanye World No Tobacco Day 2024 bertema “Save Our Surroundings”. Kampanye ini dilaksanakan saat Car Free Day di Bundaran HI, Jakarta, dengan tujuan meningkatkan kesadaran masyarakat akan bahaya tembakau dan pentingnya menjaga lingkungan bebas asap rokok.

Partisipasi Zhahira Hidayah dalam Munas ini menunjukkan komitmennya dalam pengembangan diri dan kontribusi nyata bagi kesehatan masyarakat Indonesia, sekaligus membawa nama baik Universitas Baiturrahmah dalam kegiatan nasional yang signifikan ini.