FKG Unbrah Gelar BKGN 2022

Pelepasan balon ke udara menandai dibukanya BKGN 2022.

Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Unbrah menggelar kegiatan Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN) 2022 pada 11 hingga 13 Oktober 2022 di Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) Unbrah.

Dalam pembukaan yang dilaksanakan Senin 11 Oktober 2022, Ketua Panitia drg. Resa Ferdina, MARS menyebutkan kegiatan BKGN ini dilaksanakan setiap tahun di FKG Unbrah sebagai bentuk kerjasama antara FKG dengan APDOFGI, IDGI dan Unilever dalam meningkatkan kesehatan gigi dan mulut di Sumbar.

Dalam kegiatan BKGN ini terdapat kegiatan Teledentistry yakni konsultasi dengan dokter gigi, pemeriksaan gigi dan mulut gratis, hingga penyuluhan cara menyikat gigi.

Menurut drg. Resa, kegiatan BKGN tahun ini menjadi yang pertama semenjak 2019 dilaksanakan secara luring setelah penyebaran Covid-19 mulai terkendali.

Ketua panitia drg. Resa Ferdina, MARS.

Kegiatan BKGN ini melibatkan seluruh civitas akademika FKG dan RSGM di Unbrah baik itu mahasiswa, dosen, dokter gigi dan tenaga kependidikan.

Peragaan sikat gigi yang baik dan benar terhadap anak TK.

Harapannya kegiatan ini dapat menjaring masyarakat untuk dapat memeriksakan gigi dan mulut di RSGM Unbrah selama tiga hari tersebut.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Sumbar dr. Lila Yanwar, MARS mengatakan kegiatan BKGN ini diharapkan menjadi komitmen bagi FKG Unbrah dalam mengurangi penyakit gigi dan mulut di Sumbar.

Hal ini penting menurutnya sebab penyakit gigi dan mulut menjadi salah satu prioritas dalam penanganan kesehatan di Sumbar.

Rektor Unbrah.

Sedangkan Rektor Unbrah Prof. Dr. Ir. Musliar Kasim dan Dekan FKG Unbrah Dr. drg. Citra Lestari, MDSc, Sp-Perio sepakat kegiatan BKGN bertujuan untuk menunjukkan komitmen Unbrah dalam peranan meningkatkan kesehatan gigi dan mulut masyarakat di Sumbar.

Menurut Rektor di samping BKGN, Unbrah juga melakukan beragam kegiatan pengabdian kepada masyarakat terkait bidang tersebut semisal penyelenggaraan pengobatan spesialis gratis di daerah yang dirangkum dalam kegiatan University Social Responsibility (USR).

Dalam kegiatan pembukaan yang dihelat di parkiran RSGM Unbrah juga menampilkan tari Indang, serta penampilan mahasiswa Unbrah dalam “flash mob” dan juga peragaan sikat gigi yang benar kepada siswa SD.