Unbrah Gelar “Coaching Clinic” Kepada Peserta USR V Padang Panjang

Coaching klinik USR V.

Universitas Baiturrahmah menggelar pengarahan dan sosialisasi atau “Coaching Clinic” kepada peserta University Social Responsibility (USR) V yang merupakan mahasiswa angkatan 2019 pada Sabtu 23 Juli 2022 secara dalam jaringan.

Hadir melalui aplikasi ZOOM, Rektor Unbrah Prof. Dr. Ir. Musliar Kasim, M.S menyampaikan tentang pentingnya kegiatan USR bagi peserta khususnya dalam mengaplikasikan ilmunya serta memperkuat peranan sosial kemasyarakatannya.

Rektor menyebutkan, dalam USR di Padang Panjang pada 28-31 Juli 2022 mahasiswa akan disebar di delapan kelurahan dan tinggal di rumah penduduk.

Ini bertujuan untuk melatih skill mahasiswa dalam berkehidupan sosial masyarakat sekaligus juga meningkatkan jejaring antar mahasiswa serta dengan penduduk sekitar.

Rektor Unbrah melalui APlikasi ZOOM.

Kemudian mahasiswa akan dilibatkan dalam beragam kegiatan sosial dan pengabdian kepada masyarakat seperti gotong royong serta membantu dalam pelayanan kesehatan.

Dalam kegiatan sosial ini juga mahasiswa diarahkan untuk mengaplikasikan keilmuannya yang didapat saat kuliah di kampus.

“Itulah sebabnya yang dikirimkan adalah mahasiswa yang telah dua tahun menimba ilmu di Unbrah, agar ilmunya bisa teraplikasi dalam USR,” ujar Rektor.

Rektor mengimbau kepada mahasiswa untuk menikmati kegiatan dengan disiplin dan bertanggung jawab, sebab nantinya akan diberikan pembagian tugas dalam USR.

“USR Padang Panjang ini menjadi pertama kali dengan skala kota, tentu pelaksanaan harus dilakukan dengan santai namun disiplin, ” Sebutnya.

Ketua panitia USR V

Sementara itu dalam “coaching”. Ketua panitia dr. Bun Yurizali, Sp.PD menekankan kepada peserta untuk selalu mengikuti setiap arahan yang diberikan panitia.

Dalam berkegiatan juga kata dr. Bun harus mengacu pada pedoman yang telah disiapkan panitia dalam bentuk aplikasi.

“Kami telah membuat aplikasi khusus untuk menjadi pedoman kegiatan USR semua panitia” ujarnya.

Aplikasi yang dikembangkan oleh LPTIK Unbrah ini akan berisi informasi semua kegiatan USR mulai dari menunjukkan rumah tempat tinggal, bus yang akan dinaikkan pergi dan pulang, hingga bentuk kegiatan yang akan diemban masing-masing peserta.

“Nantinya sudah ada link lokal yang bisa ditanyakan pada LPTIK dan kemudian masuk dan menggunakannya,” tambahnya.

Dia menambahkan aplikasi bernama “USR V” ini dapat diakses lewat ponsel maupun laptop yang mana untuk masuk ke aplikasi, peserta akan diberikan nama user berupa nama kepesertaan dan password.

Dalam aplikasi juga akan ada tempat untuk peserta melaporkan kegiatan yang telah diikuti.

Mengingat usai USR V mahasiswa akan diminta laporan selama kegiatan yang nantinya akan dimasukkan ke dalam salah satu syarat nilai kelulusan.

Koordinasi Panitia USR V Unbrah dan Pemkot Padang Panjang.

Sementara Sekda Padang Panjang Sonny Budaya Putra, AP,M.Si saat menerima kunjungan panitia USR V Unbrah pada Rabu 20 Juli 2022 lalu mengatakan bahwa pihaknya siap membantu dan berkolaborasi dalam pelaksanaan USR V Unbrah di Padang Panjang.

“Kami harapkan dukungan SKPD Padang Panjang dan Forkopimda untuk mendukung pelaksanaan USR V tersebut,” ujarnya.

Seperti katanya, dalam hal mendukung penyediaan sarana yang dibutuhkan semisal kendaraan, mengerahkan massa dan menyiapkan kegiatan pendukung seperti bazaar di Islamic Center saat Festival Muharam Sabtu 30 juli 2022.

Pihaknnya juga kata Sekda telah mengkomunikasikan dengan pihak keamanan mulai dari Polres, Koramil dan Pol PP terkait keamanan selama kegiatan.

“Kami berharap kegiatan ini berjalan sesuai rencana dan Padang Panjang serta Unbrah memperoleh manfaatnya,” ujar dia.