Ilustrasi USR.

Universitas Baiturrahmah (Unbrah) kembali menggelar kegiatan University Social Responsibility (USR) pada tahun ini setelah vakum selama satu tahun akibat Pandemi Covid-19 pada awal 2020.

“Terakhir USR IV dilaksanakan di Nagari Sungai Batang, Maninjau, Agam, kali ini akan dilaksanakan di Kota Padang Panjang secara tersebar,” kata Rektor Unbrah Prof. Dr. Ir. Musliar Kasim, M.S saat memimpin rapat persiapan USR V pada Juni 2022 lalu.

Rektor menyebutkan kegiatan USR V ini akan berbeda dengan USR I-IV yang menitikberatkan kegiatan pada satu kawasan yakni Nagari dalam satu kabupaten.

Kali ini kata Rektor dua kecamatan di Padang Panjang yakni Padang Panjang Barat dan Padang Panjang Timur akan menjadi lokasi kegiatan.

Pada beberapa lokasi di kedua kecamatan tersebut menjadi titik sentral kegiatan USR nantinya semisal di Puskesmas Gunung sebagai sentral pelayanan kesehatan dan dokter spesialis, serta Islamic Centre sebagai sentral kegiatan kajian Islam yakni Tabligh Akbar dan Festival Muharam.

USR.

“Kami akan sebar mahasiswa angkatan 2019, di dua kecamatan tersebut untuk bersosialisasi dan melaksanakan beragam kegiatan sosial dengan masyarakat setempat,” ujar rektor.

Dia menambahkan poin utama dari kegiatan USR yakni pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa dan tenaga kesehatan, selain tentunya juga ada kegiatan penelitian yang dilakukan oleh dosen dan mahasiswa tersebut.

“Karena poinnya pengabdian maka, warga masyarakat juga ikut memegang peranan dalam kesuksesan USR ini,” tambahnya.

Pada dasarnya, kata Rektor, beberapa kegiatan di USR mengacu seperti Kuliah Kerja Nyata (KKN), bedanya USR tidak hanya diikuti mahasiswa namun dosen dan tenaga kependidikan juga.

Semuanya diinapkan di rumah warga selama empat hari tiga malam kemudian setiap harinya melaksanakan kegiatan yang telah disusun mulai dari Subuh Mubarokah dan terakhir wisata.

“Diharapkan mahasiswa dapat mendapat pengalaman dan pengetahuan lebih dari USR Ini” ujar Rektor.

Sementara itu Ketua Panitia USR V dr. Bun Yurizali, Sp.PD menyebutkan kegiatan USR V akan dimulai pada Kamis 28 Juli 2022 hingga Minggu 31 Juli 2022.

Selama empat hari tersebut civitas akademika Unbrah akan melaksanakan kegiatan Subuh Mubarokah, Gotong Royong, Penelitian, Pengabdian Masyarakat ke sekolah, kegiatan olahraga, Tabligh Akbar, Pelayanan Kesehatan, Festival Muharam dan ditutup dengan kegiatan wisata.

Dalam pelaksanaannya, Unbrah telah berkolaborasi dengan Pemkot Padang Panjang mulai dari pengurusan izin kegiatan, penentuan tempat tinggal, hingga semua rangkaian kegiatan USR nantinya.