Kajian Dhuha : Syarat Utama Menuntut Ilmu

Ustadz H Alimi

Universitas Baiturrahmah melaksanakan kegiatan Kajian Dhuha secara daring melalui ZOOM dan luring yang dipusatkan di Masjid Baiturrahmah Padang pada Sabtu 4 Desember 2021.

Dalam kajian Dhuha kali ini menghadirkan Ustadz Drs. H. M. Alimi yang menyampaikan tausyiah tentang syarat utama menuntut ilmu.

Dalam tausyiahnya Ustadz Alimi mengatakan ada beberapa syarat agar ilmu dapat meningkat dan disimpan dengan baik.

Pertama yakni menjadikan guru, ustadz atau dosen sebagai sahabat dan selalu berinteraksi positif.

Peserta daring.

Kemudian Imam Ghazali juga mengatakan dengan rajin membaca akan memperkuat keilmuan dan menambah khasanah pengetahuannya.

Hal berikutnya yakni memiliki jiwa yang bersih dalam menuntut ilmu. Sebagai contoh orang yang menghafal Al Quran akan dapat menghafalnya bila hatinya bersih.

Hati dan jiwa bersih ini didapat dengan tidak berburuk sangka terlebih bergunjing mencari kesalahan orang lain.

Peserta luring.

Berilmu ini menurut Ustadz adalah keistimewaan di sisi Allah karena dalam Al Quran sudah dijelaskan bahwa orang yang memiliki ilmu akan ditinggikan derajatnya.

Selain itu bagi yang berilmu dan selalu memberikan kemudahan bagi orang lain Allah juga akan melapangkan kehidupan di dunia dan akhirat.

Kegiatan ini dihadiri dan diikuti mahasiswa baru Unbrah tahun 2021 baik secara luring dengan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 dan daring dengan aplikasi ZOOM di kediaman masing-masing.