FKG Unbrah dan Unilever Selenggarakan Kegiatan BKGN 2021 Secara Daring

BKGN Daring

Kegiatan Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN) yang diselenggarakan atas kerja sama Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Unbrah bersama Unilever resmi dibuka pelaksanaannya oleh Rektor Unbrah Prof. Dr. Ir. Musliar Kasim, M.S secara daring pada Jumat 29 Oktober 2021.

Ketua Panitia BKGN FKG 2021 drg. Fredy Rendra Taursia Wisnu, M.Kom mengatakan kegiatan BKGN ini terdiri atas dua kelompok yakni webinar dan Online Consultation atau Teledentistry yang akan dilaksanakan mulai 29 Oktober 2021 hingga 3 November.

Ketua BKGN 2021

Webinar ini diikuti oleh 600 dokter gigi di seluruh Indonesia yang mana terdapat empat narasumber yang mengisi kegiatan. Keempat narasumber tersebut yakni Dr. drg. Edrizal, drg. Herfindo Nismal, Sp.BM, drg. Fitri Mailiza, Sp.PM, dan drg. Satria Yandi, M.DSc.

Kemudian kegiatan Teledentistry atau konsultasi online dilaksanakan pada 1 hingga 3 November 2021 dan melibatkan 30 dokter gigi di Unbrah. Dalam hal ini masyarakat di Padang dapat berkonsultasi langsung dengan dokter gigi secara online tentang kesehatan gigi atau periksa gigi.

BKGN 2021 juga menjadi tahun kedua penyelenggaraan dari 12 kali yang dilaksanakan melalui daring akibat Pandemi Covid-19.

Dekan FKG Dr. drg. Citra Lestari, MDSc, Sp.Perio menambahkan BKGN FKG Baiturrahmah setiap tahunnya dilaksanakan meriah dan selalu mendapat atensi masyarakat. Hal ini terlihat dengan tingginya jumlah yang diperiksa gigi gratis saat sebelum pandemi dan saat sudah pandemi melalui kegiatan Teledentistry.

Dekan FKG.

Bahkan tahun lalu ada lebih kurang 1.000 orang dokter gigi yang ikut webinar dari seluruh Indonesia dalam BKGN FKG Unbrah.

Tentu harapannya kata Dekan , kegiatan BKGN 2021 dapat berjalan lancar sesuai yang direncanakan dan mendapat atensi dari masyarakat.

Rektor Unbrah Prof. Dr. Ir. Musliar Kasim, M.S menambahkan komitmen dan konsistensi Unilever dalam BKGN FKG Unbrah dinilai cukup baik.

Rektor Unbrah.

Harapan tentu ke depan kegiatan BKGN dapat disandingkan dengan kegiatan University Social Responsibility (USR) yang sudah 4 kali dilaksanakan di Unbrah.

Kegiatan ini akan lebih bermanfaat bila ikut dirasakan oleh penduduk yang berada jauh dari kota atau di kabupaten.

Perwakilan PT Unilever Indonesia.

Sementara itu perwakilan Unilever drg. Ratu Mirah Afifah GCClindent MDSc mengatakan tujuan dari BKGN ini untuk mengajak seluruh warga Indonesia untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Hal ini juga didasarkan karena masih setengah penduduk dunia tidak menjaga kebersihan giginya salah satunya tidak mengikat gigi.

Panitia BKGN FKG Unbrah 2021.

Ini juga menjadi kampanye Unilever dalam memerangi carries gigi di Indonesia dan dunia.

Kegiatan pembukaan ini dihadiri lebih dari 600 dokter gigi dan ahli gigi se-Indonesia.