Edukasi serta Perawatan Gigi dan Mulut Sederhana pada Masa Pandemi Covid-19 di Panti Asuhan Nurul Hikmah

Edukasi Kesehatan Gigi dan Mulut.

Selama Pandemi Covid-19 permintaan untuk perawatan gigi yang mendesak menurun hanya sebesar 38%. Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat masih memerlukan tindakan kedokteran gigi di masa Pandemi Covid-19 ini.

Penutupan kegiatan praktik gigi selama Pandemi Covid-19 memang dapat mengurangi jumlah individu yang terinfeksi, akan tetapi justru meningkatkan penderitaan individu yang membutuhkan perawatan gigi darurat.

Berdasarkan situasi dan kondisi tersebut diperlukan adanya upaya untuk memberikan solusi alternatif yang mampu meningkatkan derajat kesehatan gigi dan mulut di masa Pandemi Covid-19 salah satunya melalui Edukasi serta Perawatan Gigi dan Mulut Sederhana.

Hal ini juga yang dilakukan empat civitas akademika Universitas Baiturrahmah yang melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat. Keempat dosen itu yakni drg. Hanim Khalida Zia, M.A.R.S sebagai ketua, kemudian drg. Kornialia, M.Biomed, Sevilla Ukhtil Huvaid, SKM, M.Kes dan Muthia Sukma Pertiwi, S.K.G.

Kegiatan PkM ini berjudul “Edukasi serta Perawatan Gigi dan Mulut Sederhana pada Masa Pandemi Covid-19 di Panti Asuhan Nurul Hikmah”.

Pemeriksaan Gigi dan Mulut.

Tujuan dari kegiatan ini yakni memberikan edukasi serta perawatan gigi dan mulut secara sederhana pada masa pandemi kepada anak-anak panti asuhan Nurul Hikmah yang berjumlah 24 orang.

Kegiatan ini dilaksanakan pada Kamis hingga Jumat 2 September hingga 3 September 2021 di Naska Wirda Holistic Dental Care (NW HDC).

Pada pelaksanaannya dilaksanakan edukasi tentang kesehatan gigi dan mulut, pemeriksaan kesehatan gigi dan mulut, informed consent sebelum perawatan gigi dan mulut, perawatan gigi dan mulut sederhana yang terdiri atas pembersihan karang gigi, penambalan, pencabutan.

Adapun kontribusi mendasar pada khalayak sasaran yakni menyediakan edukasi serta perawatan gigi dan mulut sederhana bagi anak-anak Panti Asuhan Nurul Hikmah.

Kegiatan PkM dibiayai oleh Yayasan Pendidikan Baiturrahmah tahun pendanaan 2021

Penulis : drg. Hanim Khalida Zia, M.A.R.S