Penyuluhan Kesehatan Gigi dan Mulut Sederhana pada Masa Pandemi Covid-19 di Panti Asuhan Nurul Hikmah.

Penyuluhan Kesehatan Gigi dan Mulut oleh Dosen Unbrah.

Selama Pandemi Covid-19 permintaan untuk perawatan gigi yang mendesak menurun hanya sebesar 38%. Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat masih memerlukan tindakan kedokteran gigi di masa Pandemi Covid-19 ini.

Menutup praktik gigi selama Pandemi Covid-19 dapat mengurangi jumlah individu yang terkena, tetapi akan meningkatkan penderitaan individu yang membutuhkan perawatan gigi darurat.

Berdasarkan analisis situasi tersebut maka perlu adanya suatu upaya untuk memberikan solusi alternatif yang mampu meningkatkan derajat kesehatan gigi dan mulut di masa Pandemi Covid-19 melalui Penyuluhan Kesehatan Gigi dan Mulut.

Inilah yang menjadi landasan dua dosen Universitas Baiturrahmah melaksanakan pengabdian masyarakat terkait penyuluhan kesehatan gigi dan mulut sederhana pada masa pandemi Covid-19. Kedua dosen itu yakni drg. Hanim Khalida Zia, M.A.R.S. sebagai ketua dan Sevilla Ukhtil Huvaid, SKM, M.Kes. sebagai anggota.

Penyuluhan ini dilakukan kepada Anak-Anak Panti Asuhan Nurul Hikmah Sungai Sapih, Kota Padang yang berjumlah 23 orang.

Pengajaran cara sikat gigi yang benar.

Kegiatan penyuluhan ini dilaksanakan pada Rabu 1 September 2021 di Panti Asuhan Nurul Hikmah Padang dan diawali dengan pembukaan oleh ketua tim pengabdian. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan oleh pengurus panti asuhan Nurul Hikmah.

Setelah itu dilakukan penyuluhan kesehatan gigi dan mulut. Dalam hal ini tim pengabdian memberikan informasi terkait antara lain cara menyikat gigi yang baik termasuk jadwalnya serta tips menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Kegiatan pengabdian ini didukung oleh pendanaan Yayasan Pendidikan Baiturrahmah tahun 2021

Penulis : drg. Hanim Khalida Zia, M.A.R.S.