Unbrah Laksanakan Wisuda 78 Secara Daring

Pelantikan wisuda.

Universitas Baiturrahmah melaksanakan kegiatan wisuda periode ke 78 secara dalam jaringan melalui aplikasi ZOOM dan Youtube pada Sabtu 19 Juni 2021.

Sebanyak 236 wisudawan dilantik oleh Rektor melalui sistem luring dan daring, di mana luring hanya perwakilan mahasiswa yang diundang ke Auditorium Kampus Unbrah Aie Pacah hadir dengan penerapan prokes pencegahan Covid-19. Sedangkan daring di rumah masing-masing yang didampingi kedua orang tua.

Dengan penambahan 236 lulusan itu total alumni Unbrah dari lima Fakultas dan 13 Prodi sebanyak 12.876 orang lulusan.

Dalam sambutannya Rektor Unbrah Prof. Dr. Ir. Musliar Kasim, M.S menyampaikan permohonan maaf tidak bisa menggelar wisuda tatap langsung karena masih terjadinya pandemi Covid-19.

Rektor melantik perwakilan wisuda secara luring.

Meskipun demikian kata Rektor wisuda dengan sistem daring ini tidak akan mengurangi nilai sakral dari pelantikan lulusan tersebut.

Selanjutnya Rektor berharap agar para lulusan dapat menjaga nama baik almamater usai wisuda, dan dapat berkiprah di berbagai bidang serta sukses. Terkhusus tenaga kesehatan tambah rektor harus dapat memberikan pelayanan yang prima, aman, dan nyaman bagi klien atau pasiennya.

Di samping menyampaikan tentang lulusan, Rektor juga menyinggung rencana penggunaan gedung baru Unbrah yang masih tahap pembangunan akhir untuk kuliah.

Nantinya kata Rektor semua kegiatan mahasiswa mulai dari kuliah, perpustakaan, praktik laboratorium hingga kegiatan ekstrakurikuler akan dipusatkan pada satu gedung yang mempunyai tingkat lebih dari tiga lantai tersebut.

Lulusan terbaik wisuda 78.

Selain itu rektor juga menyampaikan tentang program yang terus dilaksanakan Unbrah seperti Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka dan peningkatan kerja sama dengan berbagai instansi.

Kerja sama yang terjalin antar kampus khususnya dari luar negeri seperti Ming-Chi dan Dayeh di Taiwan akan memberikan keuntungan bagi lulusan dalam mengembangkan kemampuan dan sumber dayanya.

Tentunya lulusan dapat melanjutkan ke jenjang lebih tinggi atau mengambil spesialisasi profesi di kampus yang telah menjadi mitra kerja sama tersebut.

Intinya dalam memajukan kampus kata Rektor Unbrah akan selalu berprinsip inovatif dan kreatif sehingga dapat menjadi salah satu pionir pembangunan di bidang pendidikan tinggi Indonesia.

Perwakilan wisudawan per prodi.

Senada itu Sekretaris LLDikti X Yandri, SH, M.Hum menilai Unbrah memiliki potensi untuk terus menjadi kampus maju dan berprestasi.

Menurut Sekretaris selain memiliki faktor penunjang berupa sarana prasarana, SDM pengajar dan tenaga kependidikan di Unbrah juga cukup mumpuni.

Tinggal saja rektor, dekan bersama civitas akademika lainnya merumuskan strategi ke arah itu.

Dalam wisuda ke -78 ini Unbrah juga memberikan penghargaan kepada Lulusan Terbaik dan Bintang Aktivis Kampus.

Penghargaan Bintang Aktivis kampus ini diberikan kepada lulusan mahasiswa yang selama kuliah cukup aktif dalam kenggotaan unit kegiatan masyarakat atau organisasi serta memiliki prestasi.

Kegiatan ini diakhiri dengan foto bersama baik wisudawan yang ada secara daring dan luring.