Rektor Unbrah : Animo Entrepreneurship Awards LLDikti X Terus Meningkat

Saat Rektor Unbrah menyampaikan pandangannya dalam Dialog Khusus.

Rektor Universitas Baiturrahmah (Unbrah) sekaligus Steering Community dari Gelaran Entrepreneurship Awards LLDikti X Prof. Dr. Ir. Musliar Kasim, M.S mengatakan animo dari kegiatan tahunan tersebut terus meningkat.

” Dari gelaran pertama di Unbrah pada 2017 hingga terakhir di Jambi, animo mahasiswa yang mengirimkan proposal business plan dan bisnis berjalan terus meningkat dari 100 saat ini 1200 peserta,” kata Rektor saat menjadi pembicara dalam acara dialog khusus di Padang TV pada Senin 7 Juni 2021 melalui Zoom Meeting.

Menurut Rektor yang juga menjadi penggagas kegiatan yang disingkat EA tersebut meningkatnya jumlah tersebut karena ada upaya promosi dan dorongan kampus di empat provinsi Sumbar, Riau, Jambi dan Kepulauan Riau untuk mengikutsertakan mahasiswanya.

Dialog Khusus tentang Entrepreneurship Awards 5.

Selain itu tambah rektor meningkatnya animo juga sejalan dengan meningkatnya minat mahasiswa untuk membuka usaha. Ditambah juga dengan adanya peluang luas yang diberikan pemerintah kepada mahasiswa untuk menjadi wirausahawan.

Hal ini juga berkaitan dengan rencana mewujudkan 7 persen pengusaha di Indonesia dari jumlah penduduk yang ada.

Sejauh ini rektor mengapresiasi atas komitmen dan konsistensi LLDikti X untuk terus menyelenggarakan EA.

Senada itu Kepala LLDikti X Prof. Dr. Herri, S.E, MBA juga menyebutkan upaya Kemendikbud Ristek melalui program Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka salah satu implementasinya yakni menciptakan wirausahawan baru yang unggul.

Kepala LLDikti X Prof Herri.

Untuk itu kata Kepala LLDikti peningkatan peserta EA yang terjadi dalam empat tahun ke belakang menjadi bukti animo EA di kalangan mahasiswa semakin meningkat.

Meskipun demikian dari 230 perguruan tinggi swasta di di bawah koordinasi LLDikti X, baru seratusan kampus yang mengikuti sertakan atau mengirimkan proposa EA tersebut.

Prof Herri berharap kampus dapat mendorong mahasiswanya dalam mendesain dan menyusun proposal EA sehingga minimal 7 persen dari jumlah mahasiswa di kampus LLDikti X dapat tercapai.

Rektor UBH Prof Tafdil Husni.

“Asumsinya bila mahasiswa sekarang jumlahnya dua ratus ribu lebih, sekitar 1400 orang dapat ikut, ” Sebut Prof Herri.

Rektor Universitas Bung Hatta Prof. Dr. Tafdil Husni selaku tuan rumah EA V 2021 menambahkan meski animo meningkat namun pemerataan peserta masih belum terjadi.

Sejalan dengan yang dikatakan Prof Herri, harapan ke depan EA V yang akan diselenggarakan Juli 2021 mendatang dapat diikuti mahasiswa dari banyak kampus.

Kegiatan ini bagian dari program acara Padang TV yakni dialog khusus dengan tema “Implementasi kampus merdeka melalui jiwa kewirausahaan untuk pemulihan ekonomi bangsa “.