LP3M Unbrah Sosialisasikan Sistem Pelaporan SPMI

Foto bersama usai kegiatan.

Lembaga Pengembangan Pengajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) Universitas Baiturrahmah menyosialisasikan sistem pelaporan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) pada Senin 7 Juni 2021 di Auditorium Unbrah.

Kegiatan yang dilaksanakan melalui protokol kesehatan pencegahan Covid-19 Kepala LP3M Unbrah Prof. Dr. Ir. Novirman Jamarun, M.Sc menyampaikan sosialisasi ini amat penting karena adanya beberapa perubahan dalam sistem pelaporan SPMI sesuai Dirjen Dikti.

Khususnya terkait aplikasi sistem khusus untuk SPMI yang disusun oleh Kemendikbud Ristek yang pada pelaksanaannya cukup berkaitan dengan sistem akreditasi eksternal.

Dalam hal ini hanya dengan melaporkan semua data serta kegiatan kampus ke dalam Pangkalan Data Perguruan Tinggi secara konsisten dan berkelanjutan. Kemudian data tersinkronisasi ke aplikasi SPMI maka akan mendukung dalam hal penilaian akreditasi suatu prodi atau kampus.

Prof. Novirman Jamarun, M.Sc.

Artinya kata Prof Novirman, hanya dengan melengkapi data di aplikasi SPMI, prodi atau universitas tidak perlu lagi rumit atau sulit melaporkan borang akreditasi bila mengacu pada perpanjangan akreditasi.

Nantinya asesor akan melihat dari implementasi yang pada SPMI suatu kampus kemudian akreditasi dapat diperpanjang.

Untuk itu kata Kepala LP3M, sosialisasi ini sengaja menghadirkan semua elemen unit yang ada di kampus. Tujuannya agar dapat memahami SPMI secara menyeluruh sekaligus memahami perannya dalam melengkapi data untuk kampus.

Sebagai contoh unit mengisi Simlibtabmas, Simlemkerma dan sistem lainnya yang nantinya akan tersinkronisasi ke aplikasi SPMI.

Ira Suryanis, S.ST, M.Keb.

Dalam sosialisasi ini menghadirkan dua fasilitator SPMI wilayah dari empat orang yang dimiliki Unbrah. Keduanya yakni Sri Oktarina SKM, MKM dan Ira Suryanis, S.ST, M.Keb.

Dalam pemaparannya kedua fasilitator wilayah melengkapi secara teknis Sistem Pelaporan SPMI yang baru termasuk memberikan contoh dan data yang telah terangkum dalam aplikasi tersebut.

Sementara itu Rektor Unbrah Prof. Dr. Ir. Musliar Kasim, M.S yang hadir membuka kegiatan menekankan perlunya mengenal, memahami dan kemudian melaksanakan SPMI oleh semua unit di Unbrah.

Sebab menurut rektor, SPMI saat ini amat memberikan pengaruh pada kemajuan dan pengembangan kampus.

Rektor Unbrah.

Khususnya prodi harus sudah dapat menentukan standar yang sesuai untuk mutu internalnya. Kemudian melalui LP3M prodi juga melaksanakan Audit Mutu Internal secara berkelanjutan dan konsisten.

Menurut Rektor pengelolaan SPMI oleh Gugus Kendali Mutu di Prodi harus dilaksanakan serius. Catatanya prodi juga perlu mengevaluasi setiap rencana dan pelaksanaan dengan hasil.

Bila hasil masih kurang perlu diperkuat dan bila sudah baik maka perlu ditingkatkan maupun diperbarui, kata Rektor.

Sri Oktarina SKM MKM.

Terlebih saat ini telah ada program Kampus Merdeka dan Merdeka Belajar yang juga harus dimasukkan ke dalam penentuan standar SPMI tersebut.

Kegiatan ini diakhiri dengan tanya jawab dan foto bersama. Hadir seluruh perwakilan pimpinan fakultas, Prodi, Lembaga, dan Unit di Unbrah.