Kajian Dhuha : Implementasi Ibadah Usai Ramadhan

Kajian Dhuha Ustadz Zulfi Akmal.

Universitas Baiturrahmah (Unbrah) kembali melaksanakan kegiatan Kajian Dhuha dengan menghadirkan Ustadz Zulfi Akmal, Lc, MA yang diselenggarakan secara daring melalui aplikasi ZOOM pada Sabtu 8 Mei 2021.

Dalam kajian dhuha kali ini Ustadz Zulfi menyampaikan tentang tolok ukur kemenangan atau implementasi ibadah setelah Ramadhan.

Dalam penyampaiannya menurut Ustadz Kemenangan di Bulan Ramadhan akan terlihat usai bulan itu berlalu yakninya amalan yang dilakukan.

Intinya setelah Ramadhan bagaimana kepatuhan kita kepada Allah SWT sekaligus kepatuhan untuk meninggalkan segala larangannya atau yang haram.

Usai Ramadhan akan terlihat pribadi yang mampu menahan hawa nafsu dan tidak. Bila seseorang usai Ramadhan mampu menahan hawa nafsu berarti dia termasuk golongan yang menang selama Ramadhan.

Terlebih bila terjadi peningkatan dalam ibadah dan istiqamah saat sebelum Ramadhan dan sesudah Ramadhan menandakan Allah Ridho atas ibadah puasa yang dijalankan.

Dalam hal ini juga pribadi yang menang dalam Ramadhan sudah dapat membedakan mana yang halal dan haram.

Ustadz juga mengatakan Allah tidak membebankan kepada seseorang dalam beribadah bila tidak sanggup menjalankannya.

Seseorang diperkenankan menjalankan ibadah sesuai kesanggupannya namun bukan termasuk yang wajib. Sebab ibadah wajib adalah ketentuan jelas dari Allah bagi manusia untuk menjalankannya.

Walaupun demikian bila itu mengacu haram, tidak ada tawar menawar bagi Allah, semuanya wajib ditinggalkan.

Kegiatan ini dihadiri oleh Mahasiswa angkatan 2020 secara ZOOM.