Civitas Akademika Unbrah Laksanakan Vaksinasi Covid-19 Tahap II

Proses vaksinasi.

Civitas akademika Universitas Baiturrahmah (Unbrah) melaksanakan vaksinasi Covid-19 tahap II yang dipusatkan di Auditorium Unbrah Kampus Aie Pacah, Senin 3 Mei 2021.

Vaksinasi II ini menjadi lanjutan dari kegiatan vaksinasi I yang diselenggarakan 5 April 2021 oleh vaksinator dari dua Puskesmas yakni Dadok Tunggul Hitam dan Lubuk Buaya.

dr. Sari sebagai ketua vaksinator menyebutkan sebanyak 72 civitas akademika Unbrah divaksin pada tahap pertama dari vaksinator puskesmas Lubuk Buaya dan 60 orang civitas akademika dari oleh vaksinator Dadok Tunggul Hitam.

“Selang 28 hari setelah vaksin tersebut hari ini dilaksanakan vaksin kedua berjenis Sinovac” Ujarnya.

Pada pelaksanaan vaksin tidak berbeda dari vaksinasi pertama dengan menyediakan empat meja yakni meja pendaftaran, meja screening, meja pemeriksaan dan meja vaksinasi.

Diskusi dengan dr Sari.

Tahapannya pun tetap sama dengan mendaftar melalui KTP kemudian menunggu giliran antrian dan kemudian masuk tahap screening yakni pemeriksaan tekanan darah dan suhu.

Kemudian dilakukan tes gula dan baru disuntik vaksin. Setelah itu observasi selama setengah jam dan yang divaksin mendapat sertifikat vaksin kedua.

Dalam kesempatan itu dr. Sari juga mengimbau kepada civitas akademika yang belum vaksin baik tahap pertama dan atau yang belum pada vaksin kedua untuk ikut serta.

Khususnya dalam menepis keraguan pada vaksin yang merupakan covid-19 inactive atau bangkai virus yang disuntikkan ke tubuh.

Vaksin ini penting sebab nantinya bukan semata menjaga tubuh dari serangan virus namun juga sebagai keikutsertaan ikhtiar dalam mengakhiri pandemi Covid-19.

Foto bersama tim vaksinator.

Sementara itu Kepala Humas dan Kerja Sama Unbrah Dr. drg. Yulia Rahmad, M.Kes mewakili Rektor Unbrah Prof. Dr. Ir. Musliar Kasim, M.S mengapresiasi pelaksanaan vaksinasi kedua berjalan lancar.

Sejauh ini katanya civitas akademika yang divaksin baik sebelum maupun setelah divaksin tidak mengalami gejala hanya pegal dan ngantuk.

Ke depan kata Kepala Biro, akan ada penyuluhan lebih terkait vaksinasi khususnya kepada mahasiswa yang mungkin akan mulai melaksanakan pembelajaran offline.

Kegiatan vaksinasi kedua ini dimulai pukul 08.30 WIB hingga 14.00 WIB.