Fakultas Ekonomi Gelar Training of trainer Kewirausahaan Bersama Leo Aldianto

Dr. Leo Alfianto, M.BA.

Fakultas Ekonomi Unbrah menggelar Trainning of Trainer (ToT) kewirausahaan dengan narasumber dosen School of Business and Management ITB Dr. Leo Aldianto, MBA pada Jumat hingga Sabtu 5 – 6 Maret 2021 di Kampus Unbrah Aie Pacah Padang dengan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Kegiatan ini berupa pelatihan sekaligus kelas pengajaran terkait ilmu kewirausahaan yang diberikan kepada dosen di Fakultas Ekonomi dan diikuti oleh dosen lain di Empat Fakultas yakni Kedokteran, Kedokteran Gigi, Vokasi dan Kesehatan Masyarakat.

Dalam pembukaan Jumat 5 Maret 2021, Rektor Unbrah Prof. Dr. Ir. Musliar Kasim, M.S mengatakan kegiatan ini amat bermanfaat khususnya bagi dosen prodi kewirausahaan sebagai modal bahan perancangan kurikulum dalam mata kuliah.

Sedangkan untuk dosen prodi lain tentu akan memberikan bekal ilmu kewirausahaan yang dapat diaplikasikan saat membuka usaha atau mengajar pendidikan kewirausahaan.

Rektor Unbrah.

Kegiatan ini kata rektor perlu menjadi perhatian serius peserta karena dilatih dua nama yang memiliki pengalaman dan pengetahuan dalam bidang kewirausahaan. Keduanya yakni Toronata Tambun dan Dr. Leo Aldianto sendiri.

Persoalan Kewirausahaan ini menurut Rektor seperti telah menjadi keharusan Unbrah mengembangkannya. Sebab selain telah memiliki prodi tersendiri, mahasiswa Unbrah juga rutin mengikuti kegiatan Entrepreneurship Awards yang diadakan LLDikti X.

Tentu dengan adanya ToT kepada dosen , diharapkan setelah ini dapat membagikan ilmunya kepada mahasiswa sehingga usaha yang dirintis mahasiswa atau diikutkan lomba menjadi lebih berkualitas.

Sementara itu dalam pemaparan melalui virtual atau aplikasi ZOOM Toronata Tambun mengatakan ToT Kewirausahaan ini penting bagi mereka yang sangat ingin membuka usaha dan mengembangkan usahanya.

Toronata Tambun dalam virtual.

Sebab katanya, dalam berwirausaha tentu akan menghadapi kehidupan yang berliku dan tidak lurus-lurus saja. Untuk itu diperlukan kekuatan dan strategi untuk meraih keuntungan dan penghasilan yang besar.

Menurutnya dengan mengikuti kegiatan Dr. Leo Aldianto akan hadir wirausahawan berkualitas baru dari dosen Unbrah. Artinya ToT ini bukan semata menciptakan Start Up atau usaha namun lebih dari itu usaha yang akan menguntungkan dengan hasil yang besar.

Terlebih Dr. Leo Aldianto adalah Pemilik dari kurikulum di School of Business and Management ITB. Tentu akan ada tips dan strategi serta pengetahuan yang dapat membantu dosen di Unbrah mengembangkan kewirausahaan.

Sementara itu dalam pemaparannya Dr. Leo Aldianto menyampaikan beberapa mata ajar yang dirangkum selama dua hari penuh.

ToT bersama Leo Aldianto

Beberapa tema yang diajarkan antara lain “Paying Costumer dan Ideation, Beached and TAM Size, Full Lifecycle Use Case, dan High Level Production”

Selain pemaparan dalam bentuk pengajaran, peserta juga dibentuk kelompok dan diberi praktik praktik tentang kewirausahaan.

Foto bersama.

Kepala Humas dan Kerja Sama Unbrah Dr. drg. Yulia Rahmad, M.Kes yang ikut serta dalam kegiatan mengapresiasi kegiatan ini sebagai modal untuk memperkuat perusahaan atau usaha khususnya dalam menentukan strategi pemasaran.

Harapannya ke depan kegiatan ini dapat banyak dilaksanakan di Unbrah sehingga pemahaman kewirausahaan di antara civitas akademika semakin kuat.