LP3M Unbrah Gelar Diskusi Sistem Penjaminan Mutu Bersama Bapem dan GKM

Kegiatan pertemuan LP3M dan GKM secara virtual.

Lembaga Pengembangan Pengajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) Universitas Baiturrahmah menggelar diskusi secara virtual terkait sistem penjaminan mutu kampus bersama Ketua Badan Penjaminan Mutu (Bapem) Fakultas dan Gugus Kendali Mutu (GKM) Prodi pada Rabu 3 Maret 2021.

Kegiatan yang dilakukan melalui aplikasi Daring ZOOM itu membahas beragam kegiatan yang akan dilaksanakan LP3M dalam setahun ke depan serta juga menyosialisasikan tugas dan tanggung jawab mutu Bapem dan GKM.

Kepala LP3M Unbrah Prof. Dr. Ir. Novirman Jamarun, M.Sc dalam pembukannya mengatakan bahwa kegiatan ini sebagai langkah penyamaan persepsi dan brainstorming terkait kegiatan penjaminan mutu.

Seperti kegiatan Audit Mutu Internal yang katanya, tidak hanya dilaksanakan oleh auditor yang disiapkan LP3M namun juga oleh fakultas dan prodi.

Dalam hal ini kinerja Bapem dan GKM salah satunya melaksanakan Audit Mutu Internal di tingkat fakultas dan prodi yang mana pelaksanaannya disesuaikan dengan jumlah standar yang telah ditetapkan LP3M.

presentasi.

“Seperti sebuah latihan untuk persiapan AMI tahunan oleh LP3M sekaligus persiapan untuk re-akreditasi,” ujar Prof Novirman.

Pertemuan ini juga penting dilaksanakan mengingat sebagian dari pengurus Bapem dan GKM baru menerima SK dan diangkat.

Harapannya dengan adanya pertemuan ini saat pelaksanaan AMI atau Akreditasi tidak ada silang pendapat atau ketidakpahaman terkait penjaminan mutu.

“Penjaminan mutu harus dilakukan secara menyeluruh kepada semua unit, termasuk yang terkecil di dalam unit prodi,” katanya.

Dalam bulan Maret 2021 ini Prof Novirman juga menyebutkan akan melakukan evaluasi kinerja atau semacam audit kepada tiga bidang utama di Universitas yakni bidang Akademik, Administrasi, Keuangan dan Sumber Daya serta Kemahasiswaan. Termasuk unit yang berada di bawah koordinasinya.

LP3M Meeting.

Ini juga penting sebagai persiapan re-akreditasi Institusi yang mulai berakhir masa tenggatnya.

Dalam kegiatan ini Sekretaris LP3M Unbrah Ira Suryanis, S.ST, M.Keb menyampaikan materi tentang penjaminan mutu dan tugas dari Bapem serta GKM.

Dalam kegiatan ini terjadi tanya jawab antara Kepala dan Sekretaris LP3M sebagai narasumber dengan peserta pertemuan yang merupakan pengurus Bapem dan GKM.