Unbrah Gelar Workshop PKM 8 Bidang Secara Daring

Workshop PKM 8 Bidang Unbrah.

Universitas Baiturrahmah (Unbrah) menggelar workshop Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 8 bidang secara daring melalui aplikasi ZOOM pada Sabtu 23 Januari 2021.

Dalam workshop tersebut menghadirkan dosen sekaligus Ketua Prodi Ilmu Tanah Universitas Andalas Dr. Gusmini, SP, MP yang merupakan salah satu dosen pembina PKM yang telah membawa banyak mahasiswa ke tingkat Pimnas atau Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas).

Rektor Unbrah Prof. Dr. Ir. Musliar Kasim, M.S dalam sambutannya mengatakan workshop ini bagian dari upaya kampus melatih sekaligus menyiapkan mahasiswa untuk dapat memunculkan ide kreatif kemudian menampilkannya dalam proposal harapannya dapat lolos ke Pimnas.

Dalam hal ini narasumber yang dipilih dinilai cukup kompeten untuk memberikan arahan atau trik bagi mahasiswa dalam menyusun ide, proposal dan selanjutnya trik agar lolos.

Rektor Unbrah

Selanjutnya Rektor berharap usai workshop ini mahasiswa berlomba-lomba memunculkan ide dan mulai menyusun dan membuat proprosal PKM.

Terdapat delapan bidang PKM yang dapat diambil oleh mahasiswa yakni PKM Penelitian Eksakta dan PKM Penelitian Sosial Humaniora (PKM-PE & PKM-PSH), PKM Kewirausahaan (PKM-K), PKM Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM-M), PKM Teknologi (PKM-T)
PKM Karsa Cipta (PKM-KC), PKM Artikel Ilmiah (PKM-AI), PKM Gagasan Tertulis (PKM-GT) dan PKM Gagasan Futuristik Kontekstual (PKM-GFK).

Sementara itu dalam kegiatan tersebut Dr. Gusmini membagi dua sesi pemaparan yang pertama terkait memotivasi mahasiswa untuk membuat proposal PKM dengan semboyan “Lolos PKM itu Keren”.

Dalam hal ini Dr. Gusmini memberikan kunci “kreatif” artinya sebelum membuat proposal PKM, mahasiswa dituntut memiliki pemikiran kreatif, berbeda dan unik.

Presentasi Dr. Gusmini.

Dalam kesempatan tersebut Dr Gusmini juga menjelaskan persiapan sebelum membuat proposal seperti menyusun dan memilih anggota dalam kelompok. Menurutnya anggota terbaik berjumlah tiga hingga lima.

Terpenting katanya yakni dosen pembimbing PKM dapat jeli dalam menangkap ide mahasiswa kemudian mengarahkan dalam pembuatan proposal.

Pada sesi kedua Dr. Gusmini lebih menjelaskan trik dan panduan penyusunan proposal PKM 8 bidang, termasuk ke dalamnya cara agar lolos seleksi.

Di akhir acara kegiatan ini dilaksanakan tanya jawab dengan peserta workshop yang dilanjutkan dengan foto bersama pada aplikasi tersebut.

Kegiatan ini dimoderatori oleh Staf Ahli Rektor Unbrah Drs. Eka Trio Effandilus, M.Si