Unbrah Gelar Wisuda Angkatan 73 dan 74

Kegiatan rapat senat terbuka wisuda 73 dan 74.

Universitas Baiturrahmah (Unbrah) menggelar wisuda secara daring pertama kali semenjak berdiri pada 1994 melalui aplikasi ZOOM dan disiarkan langsung melalui Youtube pada Rabu 16 Desember 2020.

Pada Rabu tersebut dilaksanakan prosesi wisuda kepada lulusan mahasiswa periode ke 73 dan 74 yang jadwalnya tertunda akibat munculnya Pandemi Covid-19 sejak awal tahun 2020.

Kegiatan wisuda dilaksanakan secara daring di mana sebagian besar wisudawan berada di rumah masing-masing. Akan tetapi prosesi rapat senat terbuka dilaksanakan secara luring di Auditorium Baiturrahmah. Termasuk ke dalamnya kehadiran perwakilan mahasiswa yang dilantik bersama orang tua.

Pada wisuda 73 dan 74 sebanyak 308 orang dilantik oleh Rektor yang terdiri atas 4 fakultas yakni Ekonomi, Kedokteran, Kedokteran Gigi dan Kesehatan Masyarakat.

Jumlah 308 wisudawan itu terdiri atas pada wisuda 73 sebanyak 257 orang yakni lulusan Prodi Manajemen atau Sarjana Ekonomi sebanyak 26 orang, diikuti Pendidikan Dokter Gigi atau S.Kg sebanyak 65 orang, Profesi Dokter Gigi atau drg sebanyak 23 orang, Pendidikan Dokter atau S.Ked sebanyak 106 orang, dan Pendidikan Profesi Dokter atau dr sebanyak 37 orang.

Kemudian wisuda angkatan 74 sebanyak 51 orang yang terdiri atas Prodi Manajemen atau Sarjana Ekonomi (SE) 9 orang, Prodi Kesehatan Masyarakat dengan gelar SKM sebanyak 11 orang dan Prodi Pendidikan Profesi Dokter dengan gelar dr sebanyak 31 orang.

Wisuda daring.

Total dengan tambahan lulusan ini total alumni Unbrah mencapai 12.339 orang yang terdiri atas lulusan Prodi Akuntansi sebanyak 181 orang, Prodi Manajemen 605 orang, Prodi Pendidikan Dokter Gigi 1.787 orang, Prodi Pendidikan Profesi Dokter Gigi sebanyak 1.418 orang, Prodi Pendidikan Dokter 3.040 orang, Prodi Pendidikan Profesi Dokter 2.502 orang, Prodi Kesehatan Masyarakat sebanyak 1.062 orang, Prodi DIII Kebidanan 1.046 orang dan Prodi DIII Radiologi sebanyak 698 orang.

Rektor Unbrah Prof. Dr. Ir. Musliar Kasim, M.S dalam sambutannya menyampaikan bahwasanya lulusan Unbrah dibentuk untuk memiliki karakter yang berbeda dari kampus lainnya. Hal ini dilakukan melalui pembinaan yang berbeda seperti dari pertama kali masuk melalui Holistiq Spiritual Quran (HSQ) dan Bintalfisdis.

Kemudian saat kuliah mahasiswa diberikan asupan materi agama melalui kegiatan Kajian Dhuha yang dilaksanakan secara rutin setiap minggu. Bukan hanya itu mahasiswa juga dilibatkan dalam kegiatan pengabdian masyarakat yaitu University Social Responsibility (USR).

Sejauh ini lulusan dan mahasiswa Unbrah mulai menunjukkan prestasinya di berbagai kegiatan seperti adanya mahasiswa Ekonomi yang masuk final ajang Entrepreneurship Awards 2020. Kemudian pada tahun lalu terdapat dokter lulusan Unbrah yang memperoleh lulusan terbaik di Akademi Militer Magelang untuk Matra AL. Sebelumnya dokter lulusan Unbrah juga meraih prestasi sebagai dokter teladan nasional.

Pelantikan perwakilan wisudawan oleh rektor.

Untuk itu kata Rektor, wisudawan yang dilantik dapat mengikuti jejak mahasiswa sebelumnya bahkan meningkatkan capaiannya. Terlebih saat ini tantangan semakin besar seperti keberadaan Pandemi Covid-19 yang cukup mengganggu kinerja di semua bidang.

Hal lain yang disampaikan rektor terkait penanganan Covid-19 di Unbrah yang sejauh ini sudah maksimal melalui pembentukan tim covid centre. Tim ini telah mengatur penerapan Protokol Kesehatan di Unbrah serta menggelar beragam kegiatan seperti Webinar yang melibatkan beragam stakeholder dan pemangku kebijakan.
Selain itu juga telah meprogramkan bantuan kepada masyarakat yang terdampak Covid-19 dan telah dilakukan penyalurannya.

Sementara itu Kepala LLDikti X Prof. Dr. Herri, SE, M.BA yang hadir secara daring menyampaikan bahwa Unbrah dinilai telah membuka aksesbilitas masyarakat untuk memasuki perguruan tinggi. Hal ini ditandai dengan dibukanya prodi baru yang lulusannya amat dibutuhkan oleh masyarakat seperti Kewirausahaan dan Farmasi Klinis.

Menurut Kepala LLDikti X suatu kampus dapat sukses bila memiliki tata kelola yang baik pula. Begitu pun juga yang dilakukan kampus swasta dan negeri. Untuk itu berkuliah dan lulus di kampus swasta tetap akan menjadi kebanggaan. Terlebih bila kampus tersebut memiliki akreditasi yang baik seperti Universitas Baiturrahmah.

Wisuda daring.

Dalam kegiatan ini juga hadir secara dalam jaringan orang tua lulusan mahasiswa yakni Ketua Prodi S3 Ilmu Lingkungan UNP Dr. Indang Dewata. Dalam penyampaiannya Dr. Indang lebih kepada ucapan apresiasi dan terima kasih kepada civitas akademika yang telah menjaga dan membina anaknya selama berkuliah di Unbrah.

Di akhir acara dilaksanakan foto bersama secara daring dengan semua wisuda dan foto bersama wisuda perwakilan di kampus.

Hadir juga secara luar jaringan dengan protokol kesehatan yakni Pimpinan Yayasan Pendidikan Baiturrahmah H Amran Sutan Sidi Sulaiman bersama istri Hj. Maizarnis.

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *