Ketua IBI Sumbar Ambil Sumpah Bidan Lulusan Unbrah

Ketua IBI Sumbar ambil sumpah lulusan bidan Unbrah.

Ketua Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Pengurus Daerah Sumatera Barat (Sumbar) Hasnawati Amd Keb, SKM, MM melantik sekaligus mengambil sumpah bidan lulusan Prodi D3 Kebidanan Unbrah pada Kamis 10 Desember 2020.

Bertempat di Auditorium Kampus Unbrah, sebanyak 48 orang lulusan bidan diambil sumpahnya di depan Dekan Vokasi dan Wakil Dekan serta Ketua Prodi D3 Kebidanan dan jajaran dosennya.

Dalam sambutannya usai mengambil sumpah, Ketua IBI mengatakan dengan adanya 48 orang bidan yang diambil sumpah, akan menambah jumlah bidan yang telah terdaftar di IBI Sumbar.

Sebagai gambaran saat ini IBI Sumbar mencatat sebanyak 7.671 telah tergabung dalam keanggotaannya dan bekerja tersebar di 19 kabupaten dan kota.

Tentunya usai pengambilan sumpah dan wisuda nantinya, para lulusan bidan ini harus masuk keanggotaan IBI. Selain itu hal yang paling penting yakni mengikuti ujian kompetensi bidan dan selanjutnya mengurus SCR atau surau izin pekerjaan bidan. Hingga kemudian para bidan juga akan mengurus izin praktik.

Ketua PD IBI Sumbar Hasnawati, Amd Keb, SKM, MM.

Terpenting kata Ketua IBI bidan selalu profesional dan integritas dalam melaksanakan tugasnya. Tantangan yang masih menjadi persoalan bidan yakni mengurangi angka kematian ibu dan bayi yang saat ini masih tinggi. Usaha kerja keras dan pantang menyerah akan mendukung ke pencapaian tersebut.

Lebih dari itu kata Ketua IBI, bidan dapat melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi seperti S1 dan S2.

Sementara itu Dekan Vokasi Prof. Dr. Apt. Amri Bakhtiar, MS.DESS dalam sambutannya juga menyampaikan bahwa profesi bidan adalah mulia karena berhubungan erat dengan kelangsungan hidup ibu dan anak.

Bahkan di salah satu quotes di Norwegia, mengatakan bahwa hal yang paling menyenangkan adalah memiliki anak dan menjadi bidan. Ini membuktikan begitu pentingnya peran bidan dalam kehidupan sosial.

Terkait sumpah tersebut kata Dekan, tenaga kesehatan wajib diambil sumpahnya karena berhubungan dengan pelayanan terhadap masyarakat. Komitmen ini menjadi jaminan agar pelayanan kesehatan dapat berjalan lancar.

Kegiatan ini diakhir dengan sesi foto bersama antara pimpinan dan lulusan bidan.