Program Studi Kewirausahaan Unbrah Undang Pakar Unand Bahas Kurikulum

Program Studi Kewirausahaan Fakultas Ekonomi Universitas Baiturrahmah mengundang pakar sekaligus dosen bidang kewirausahaan dari Universitas Andalas (Unand) Hafiz Rahman, SE.MSBS. Ph.D dalam rangka berbagi pengalaman dan membahas kurikulum prodi pada Kamis 10 September 2020, di Ruang Sidang Yayasan Pendidikan Baiturrahmah Padang.

Kegiatan yang dikemas dengan tema “Perancangan Kurikulum Pembelajaran Kewirausahaan” Hafiz Rahman, SE.MSBS. Ph.D menyampaikan bahwa saat ini sebagian besar perguruan tinggi di dunia dan Indonesia sudah mengarahkan tujuannya pada dunia kewirausahaan.

Bahkan di Indonesia tepatnya di Universitas Ciputra Surabaya, Semua fakultas dan Prodinya sudah mengarah ke bisnis atau implementasi dari kewirausahaan.

Kampus lain seperti Unbrah atau Universitas Presiden juga telah memiliki prodi Kewirausahaan. Bahkan di Malaysia telah ada dalam bentuk Fakultas Kewirausahaan yang mengakomodasi mahasiswanya menjadi wirausahawan.

Khusus dalam pengembangan kurikulum prodi kewirausahaan kata Hafiz Basic Knowledge harus menjadi hal yang perlu dikedepankan dan ditanamkan kepada mahasiswa.

Dalam hal ini teori dan pengertian kewirausahaan secara umum harus diperkuat dengan basic knowledge antara lain faktor yang mempengaruhi wirausaha, faktor yang menyebabkan sukses seorang pengusaha, kemudian apa yang perlu dilakukan untuk sukses usaha.

Hal lain yakni softskill development seperti pengenalan karakter orang, motivasi hingga persiapan kompetisi. Tidak heran pendidikan yang baik bagi mahasiswa kewirausahaan yakni kombinasi teori praktik dan ilmu psikologi.

Sebagai contoh dalam menghadirkan pengusaha sukses dalam kelas pendidikan, sebaiknya dilakukan dalam ruangan yang hanya terdiri atas sedikit mahasiswa.

Dalam hal ini pengusaha bukan hanya sekedar membagi ilmu dan pengalaman saja, namun juga sebagai mentor dalam pembentukkan jiwa usaha mahasiswanya.

Narasumber ini menjadi mentor bagi mahasiswa seperti sebagai tempat keluh kesah, membagi tips dan teknik khusus, hingga mengadu terkait perkembangan usahanya.

Kemudian pada orientasinya prodi kewirausahaan menargetkan Usaha Kecil dan Menengah masyarakat sebagai internshipnya.

Dalam hal ini mahasiswa Kewirausahaan perlu membantu UKM untuk sukses di pasaran atau mengubah strategi marketing dan lainnya. Terlebih UKM amat lemah dibranding, design, dan packagingnya.

Sementara itu Rektor Unbrah Prof. Dr. Ir. Musliar Kasim, M.S mengatakan Prodi Kewirausahaan Unbrah bisa menjadi salah satu prodi ikonik selain bidang kesehatan di Unbrah.

Hanya saja hal itu dapat terwujud bila ada usaha keras dari semua perangkan prodi termasuk terus memperbarui pengembangan yang terjadi tentang bidang kewirausahaan.