Unbrah Gelar Kegiatan Orientasi Mahasiswa “Hasimaru” Secara Daring

Pimpinan Unbrah dan Yayasan Pendidikan Baiturrahmah.

Universitas Baiturrahmah (Unbrah) Menggelar kegiatan orientasi mahasiswa baru tahun ajaran 2020/2021 yang dikemas dalam Hari Silaturahmi Mahasiswa Baru (Hasimaru) 2020 secara dalam jaringan atau daring pada Kamis 17 September 2020.

Kegiatan ini dikatakan daring, di mana mahasiswa baru tetap berada di kediaman masing-masing dan mengikutinya melalui platform ZOOM. Meskipun demikian pimpinan dan civitas akademika Unbrah tetap mengikuti prosesi kegiatan secara luar jaringan dengan penerapan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Kegiatan Hasimaru ini diawali dengan pemutaran video profil Unbrah yang kemudian diikuti dengan video penampilan paduan suara mahasiswa Unbrah yang menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan Mars Unbrah.

Seusai pemutaran ketiga video tersebut, dilanjutkan dengan penyerahan mahasiswa baru dari Ketua PMB Unbrah sekaligus Wakil Rektor I Unbrah Dr. rer. nat. Ir. Syafrimen Yasin, M.S, M.Sc kepada Rektor Unbrah Prof. Dr. Ir. Musliar Kasim, M.S.

Penyerahan mahasiswa baru dari WR 1 kepada Rektor.

Kemudian dilanjutkan dengan penyerahan mahasiswa baru secara simbolis kepada lima Dekan di Unbrah yakni Ekonomi, Kedokteran Gigi, Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Vokasi.

Selanjutnya Pimpinan Yayasan Hj Maizarnis bersama Rektor memasangkan jaket almamater kepada perwakilan mahasiswa baru yang hadir offline serta penyerahan buku SAPS dan Panduan Kampus Unbrah.

Setelah itu diputarkan video sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nadiem Makarim yang dilanjutkan dengan perkenalan unsur pimpinan kampus hingga organisasi mahasiswa serta sambutan Rektor Unbrah.

Dalam sambutannya Rektor Unbrah Prof. Dr. Ir. Musliar Kasim, M.S mengucapkan selamat datang kepada mahasiswa baru yang resmi menjadi bagian dari civitas akademika Unbrah.

WR 1 tengah memberikan materi Hasimaru.

Menurut Rektor menjadi mahasiswa Unbrah adalah sebuah keuntungan karena merupakan kampus yang cukup memiliki nama di Sumatera. Bahkan beberapa Prodi dan Fakultasnya merupakan pionir di Sumatera.

Selain itu kata Rektor menjadi bagian dari kampus swasta juga harus berbangga hati sebab sekitar 70 persen sumbangsih pendidikan tinggi di Indonesia berasal dari kampus swasta.

Untuk itu Rektor berharap mahasiswa yang masuk dapat mengikuti kegiatan perkuliahan dengan baik serta aktif berorganisasi dalam kelembagaan mahasiswa secara disiplin. Terlepas itu masa Pandemi atau usai Pandemi mendatang.

Rektor menambahkan Kegiatan Hasimaru ini juga terbagi atas tiga kegiatan yakni Hasimaru, Pembinaan Mental Fisik dan Disiplin (Bintalfisdis) dan Holistiq Spiritual Quran (HSQ). Akan tetapi karena Pandemi Covid-19 dua kegiatan terakhir ditunda pelaksanaannya hingga pandemi berakhir.

Peresmian Hasimaru oleh Yayasan Pendidikan Baiturrahmah.

Meskipun demikian dengan terlaksananya Hasimaru universitas pada Kamis 17 September 2020, dan kemudian Hasimaru Fakultas mulai 18 September 2020 menjadi kegiatan pengenalan bagi mahasiswa baru sebelum nantinya datang dan kuliah di kampus.

Usai sambutan rektor dan pengenalan unsur pimpinan, dilanjutkan dengan pemutaran video teaser penyambutan oleh mahasiswa Unbrah terhadap mahasiswa baru.

Kemudian dilanjutkan dengan presentasi orientasi akademik oleh WRI, orientasi mahasiswa dan tata tertib kampus oleh WR III Unbrah Amrullah, S.E, M.Si serta administrasi, keuangan, dan pengelolaan sarana prasarana oleh WR II Unbrah Drs. Darman, M.Si.Akt.

Setelah itu dilanjutkan dengan pemutaran video Organisasi Mahasiswa serta presentasi Presiden BEM Augusti Leonardi Putra.

Kegiatan ini sempat diberikan jeda untuk mahasiswa istirahat, sholat dan makan kemudian dilanjutkan kembali oleh panitia Hasimaru mahasiswa.

Presiden BEM Augusti Leonardi P tengah menyampaikan materi Hasimaru.

Dalam kegiatan bersama panitia Hasimaru mahasiswa dilaksanakan game dan kuis menebak segala unsur yang ada di Unbrah. Setiap mahasiswa yang dapat menjawab pertanyaan disediakan hadiah khusus yang dipersiapkan panitia.

Dalam kegiatan ini juga menjadi ajang keakraban dengan antara mahasiswa lama dan mahasiswa baru.

Secara luring hadir seluruh pimpinan kampus mulai dari Yayasan hingga Gubernur BEM Fakultas.