Mahasiswa Unbrah Laksanakan Kuliah Tahun Ajaran 2020/2021 Secara Daring

Ilustrasi mahasiswa Unbrah kuliah.

Seluruh mahasiswa Universitas Baiturrahmah baik angkatan baru maupun yang lama telah melaksanakan kuliah tahun ajaran 2020/202i Semester Gasal secara dalam jaringan sejak Senin 21 September 2020.

Dari pantauan yang dilakukan Humas melalui platform ZOOM semua fakultas yakni Kedokteran, Kedokteran Gigi, Ekonomi, Kesehatan Masyarakat, dan Vokasi yang terdiri atas 12 program studi telah melaksanakan kuliah daring.

Bahkan di antaranya sudah memiliki jadwal yang padat mulai dari pagi hingga sore melaksanakan kuliah daring.

Menurut Wakil Rektor I Unbrah Dr. rer. nat. Ir. Syafrimen Yasin, M.S, M.Sc kegiatan perkuliahan tetap dilaksanakan dengan daring sebagai antisipasi pencegahan Covid-19.

Meskipun begitu sistem perkuliahan tetap disesuaikan dengan kurikulum kegiatan belajar mengajar sehingga tidak mengalami gangguan karena dialihkan ke bentuk daring.

Beberapa dosen dan mahasiswa yang ikut diwawancari Humas mengatakan kuliah dengan daring ini menjadi cara efektif di tengah pandemi Covid-19 saat ini.

ilustrasi kuliah daring.

Walaupun begitu, sebagian besar dosen dan mahasiswa berharap pandemi segera berakhir, dan kuliah tatap muka atau kuliah luar jaringan kembali dapat dilaksanakan.

Sebelumnya Lembaga Pengembangan Pengajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) Unbrah melakukan survei dan monitoring evaluasi terkait pembelajaran daring. Hasilnya 85,7 persen dosen lebih memilih kuliah tatap muka.

Alasannya karena kuliah tatap muka lebih efektif, dapat menilai sikap dari mahasiswa dan perilakunya di kelas. Hal ini berbanding lurus dengan keinginan mahasiswa yang juga lebih memilih kuliah luring atau luar jaringan dengan persentase responden 94,2 persen.