LP3M Unbrah Gelar Audit Mutu Internal (AMI) Prodi S1-Administrasi Rumah Sakit

Kegiatan AMI Prodi S1-Administrasi Rumah Sakit

Lembaga Pengembangan Pengajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) Universitas Baiturrahmah (Unbrah) menggelar Audit Mutu Internal (AMI) Prodi S1- Administrasi Rumah Sakit Fakultas Kesehatan Masyarakat secara dalam jaringan pada Rabu 4 November 2020.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala LP3M Unbrah Prof. Dr. Ir. Novirman Jamarun, M.Sc dan Dekan FKM Sri Oktarina, SKM, MKM.

Dalam pembukaannya Dekan FKM menyampaikan terkait persiapan Audit Mutu Eksternal Prodi Administrasi Rumah Sakit yang telah mengumpulkan semua data. Data tersebut juga telah dikonversi ke dalam dokumen borang akreditasi. Namun masih banyak yang perlu dilengkapi.

Kepala LP3M Prof. Dr. Ir. Novirman Jamarun, M.Sc

Harapan dekan dengan adanya AMI ini akan terlihat kekurangan yang ada dan dapat segera dilengkapi oleh prodi bersangkutan.

Sementara itu Kepala LP3M Unbrah Prof. Dr. Ir. Novirman Jamarun, M.Sc mengatakan AMI merupakan bagian dari usaha LP3M untuk membiasakan prodi yang akan menghadapi assesmen secara daring dari assesor pada penilaian akreditasi.

Artinya seperti Prodi S1-Administrasi Rumah Sakit sudah melengkapi semua bahan yang diperlukan salah satunya melengkapi dokumen SPMI. Sebab dalam sembilan kriteria terkecuali Visi Misi amat berkaitan dengan SPMI.

Dekan FKM Sri Oktarina, SKM, MKM.

Harapannya AMI di Prodi S1- Administrasi Rumah Sakit dapat berjalan baik sehingga memudahkan saat visitasi dari assesor LAM-PT Kes.

Terlebih kata Prof Novirman di FKM sebagai unit yang menaungi Prodi Administrasi Rumah Sakit, terdapat beberapa fasilitator AMI nasional dan regional. Tentu dapat dilakukan transfer ilmu tentang Audit Mutu serta akreditasi.

Hal lain yang menjadi perhatian Kepala LP3M yakni peranan GKM yang harus segera aktif. Bahkan Kepala meminta Prodi untuk dapat menyiapkan tim GKM yang sudah di SKkan jelang visitasi akreditasi.

Dalam akreditasi mendatang GKM juga memegang peranan penting di samping Prodi dan perangkat, serta mahasiswa, dosen dan tenaga kependidikan.

Ketua Auditor Ira Suryanis, S.ST, M.Keb

Menurut Prof Novirman persiapan ini harus baik sebab berbeda saat kunjungan lapangan, sistem penilaian akreditasi daring ini dapat berlangsung hingga 3 atau 4 hari. Untuk itu kesiapan borang dan dokumen lainnya menjadi mutlak dikuasai oleh Prodi Administrasi Rumah Sakit.

Prof Novirman menyebutkan untuk AMI kali ini diauditori oleh Ira Suryanis, S.ST M.Keb sebagai ketua dan anggota yakni Hendri Devita, SKM, M.Biomed, dan drg. Intan Batura Endo Mahatta, MM.

Kepala Prodi S1-Administrasi Rumah Sakit Novia Zulfa Hanum, SKM, MKM.

Kegiatan AMI ini dimoderatori Dosen FKM Unbrah Hilda Hidayat SKM, MKM dan diawali dengan penyampaian presentasi Prodi oleh Ketua Prodi Novia Zulfa Hanum, SKM, MKM.

Usai dilakukan presentasi barulah auditor melakukan assesment secara daring. Kegiatan ini berlangsung selama satu hari pagi hingga sore.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *