LP3M Unbrah Laksanakan Rapat Daring Penyamaan Persepsi Terkait AMI dan Persiapan Akreditasi

Zoom Meeting persiapan AMI dan Akreditasi Prodi Baru.

Lembaga Pengembangan Pengajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) Universitas Baiturrahmah melaksanakan rapat penyamaan persepsi terkait pelaksanaan Audit Mutu Internal (AMI) serta persiapan akreditasi empat program studi baru melalui sistem daring Jumat 23 Oktober 2020.

Kepala LP3M Unbrah Prof. Dr. Ir. Novirman Jamarun, M.Sc mengatakan tujuan dari kegiatan ini sebagai langkah diskusi antara Kepala Prodi baru dengan auditor AMI Unbrah.

Mengingat kata Kepala akreditasi B penting bagi prodi khususnya untuk menarik minat mahasiswa dan memudahkan lulusan mendapat pekerjaan.

Sebab dengan akreditasi saat ini yakni C tidak akan membantu apa-apa dalam pengembangan prodi ke depan.

Zoom Meeting LP3M Unbrah.

Sebagai contoh prodi dengan akreditasi C tidak akan meloloskan mahasiswa menjadi PNS dan pegawai BUMN. Selain itu meski saat ini mahasiswa banyak yang masuk, namun bila saat kelulusan akreditasi tetap C akan memberi pengaruh jumlah yang memilih Unbrah.

Tentunya untuk memperoleh akreditasi dapat terwujud bila semua elemen prodi bekerja keras dan menyiapkan dokumen borang sebaik mungkin dan tampil baik saat visitasi oleh Asesor LAMPTKES.

Kemudian dalam sembilan kriteria terkecuali Visi dan Misi sangat berkaitan dengan SPMI, inilah pentingnya AMI Sebagai salah satu brainstorming visitasi.

Dengan Audit oleh auditor kata Kepala LP3M, akan terlihat gambaran kekurangan yang dimiliki prodi sehingga dapat segera dilengkapi atau ditambah.

Untuk itu arahan dan rekomendasi auditor menjadi penting sebagai dasar perbaikan jelang akreditasi.

“Memang AMI bersifat internal dan akreditasi bersifat eksternal namun pada dasarnya sama,” ujarnya.

Setelah dilaksanakan AMI kata Prof Novirman, prodi dapat melakukan Monev seperti Monev pembelajaran dan sebagainya.

Di samping itu dalam penyamaan persepsi ini juga sekaligus memberikan pencerahan kepada prodi baru tentang tugas dari auditor yang sama sekali tidak ada tendensi menghakimi atau menyalahkan. Namun lebih pada perbaikan dan penambahan dari kekurangan.

Sementara itu Sekretaris LP3M Unbrah Ira Suryanis, S.ST, M.Keb menyebutkan selain penyamaan persepsi antara prodi dan auditor, kegiatan ini juga menentukan jadwal AMI tiga prodi baru lainnya yakni Keperawatan Anestesiologi, Kewirausahaan, dan Administrasi Rumah Sakit.

Kegiatan secara Meeting ZOOM dihadiri perangkat LP3M, Biro Humas dan Kerja Sama, auditor dan Kepala Prodi.

 

 

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *