Bidang Kemahasiswaan Unbrah Laksanakan Sosialisasi Tentang Penulisan Proposal PKM 2020

Kegiatan Penulisan Proposal PKM Daring.

Bagian Bidang Kemahasiswaan Universitas Baiturrahmah melaksanakan sosialisasi tentang penulisan proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 2020 pada Sabtu 17 Oktober 2020 secara dalam jaringan melalui platform ZOOM.

Kegiatan ini menghadirkan narasumber Wakil Rektor III Unbrah Amrullah, M.Si dan Pembina PKM Unbrah Sri Mindayani, SKM, M.Kes.

Rektor Unbrah Prof. Dr. Ir. Musliar Kasim, M.S yang membuka kegiatan mengatakan penulisan proposal PKM ini penting untuk meningkatkan kemampuan penelitian dan kreativitas mahasiswa sejak dini.

Selain itu karena sebagian orientasinya kepada produk tentu dapat membuka jalan kewirausahaan yang mandiri dan bila mahasiswa bisa membuat proposal PKM tentu juga akan memudahkan ke arah itu.

Untuk itu rektor berharap kegiatan ini dapat memberikan dampak signifkan kepada mahasiswa Unbrah khususnya yang baru masuk sebagai modal untuk memunculkan pemikiran dan kreativitasnya dalam PKM.

Rektor Unbrah Prof. Dr. Ir. Musliar Kasim, M.S

Sementara itu Wakil Rektor III Amrullah, SE, M.Si mengatakan sosialisasi penulisan proposal PKM penting karena kesempatan mengikutinya cukup banyak dan besar.

Menurutnya ada tujuh jenis PKM yang bisa diambil oleh mahasiswa antara lain PKM-Penelitian (PKM-P), PKM-Penerapan Teknologi (PKM-T), PKM-Kewirausahaan (PKM-K), PKM-Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM-M), PKM-Karsa Cipta (PKM-KC), PKM-Artikel Ilmiah (PKM-AI), dan PKM-Gagasan Tertulis (PKM-GT). Selain PKM-AI, semua PKM akan dilombakan di dalam PIMNAS.

Sebagai langkah untuk membina PKM tersebut tentunya kampus telah menunjuk dosen untuk memberikan bimbingan dan pembinaan mahasiswa dalam hal penyusunan dan penulisan proposal PKM.

Terlebih saat ini dosen yang dapat membina PKM ini akan mendapat poin lebih dalam rangka pengurusan sertifikasinya.

Slide Sosialisasi PKM.

Sementara itu dalam pemaparannya Sri Mindayani, SKM, M.Kes. yang juga merupakan dosen pembina PKM di Unbrah menekankan pentingnya pengembangan karakter dari mahasiswa guna mengikuti kegiatan PKM ini.

Artinya mahasiswa dituntut untuk mulai memunculkan idenya kemudian mendesain metode penelitiannya yang selanjutnya melakukan eksperimen untuk memperkuat ide PKM nya.

Dalam hal ini dosen hanya mengarahkan sekaligus merekomendasikan dari ide kemudian membantu pencarian referensi dan artikel ilmiah.

Dalam hal ini juga kata dia, PKM dilaksanakan dengan tim yang tentunya juga diperlukan kesesuaian dan kekompakan dalam tim tersebut sehingga program berjalan dengan baik.

Di akhir acara dilaksanakan diskusi dengan peserta dan narasumber termasuk penyesuaian rencana mahasiswa yang akan ikut PKM tahun ini.

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *