Unbrah Gelar Workshop Pembelajaran Daring Bagi Dosen

Wakil Rektor I Unbrah Dr. rer. nat. Ir. Syafrimen Yasin, M.S, M.Sc tengah memberikan arahan sebelum kegiatan workshop.


Universitas Baiturrahmah menggelar workshop dan pelatihan sistem pembelajaran secara dalam jaringan bagi dosen pada Selasa 1 September 2020 hingga Rabu 2 September 2020 yang dilaksanakan secara dalam jaringan melalui platform Zoom serta luar jaringan dengan penerapan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 di Ruang Sidang Yayasan Kampus Unbrah Aie Pacah Padang.
Rektor Unbrah Prof. Dr. Ir. Musliar Kasim, M.S yang membuka kegiatan mengatakan tujuan dari pengadaan workshop pembelajaran daring ini untuk menyamakan persepsi tentang penggunaan media dan sistem pelaksanaannya.
Selama ini kata Rektor Unbrah telah memiliki Learning Management System (LMS) atau e-learning namun penggunaannya belum optimal. Akibatnya pada saat dimulai pelaksanaan pembelajaran daring pada April 2020 lalu, dosen secara masing-masing melaksanakan perkuliahan dan praktikum dengan beragam metode.
“Kemarin pada semester genap, ada yang menggunakan google classroom, melalui What App dan instagram, diharapkan workshop ini untuk menyamakan penggunaan dengan e-learning,” kata Rektor.

Rektor Unbrah Prof. Dr. Ir. Musliar Kasim, M.S (tengah) sedang membuka kegiatan.


Dengan adanya penyamaan penggunaan sistem ini tentunya kegiatan pembelajaran di Unbrah dapat selalu dimonitoring oleh Kemendikbud dan LLDikti, di samping untuk meningkatkan kualitas pembelajaran daringnya.
Sejauh ini melalui workshop ini dapat memberikan pemahaman lebih kepada dosen tentang beberapa langkah yang dilakukan saat mengajar dari jarak jauh. Sekaligus juga melatih kreativitas dosen dalam mengampu kuliah bahkan praktikum secara daring.
Tentunya meskipun dari survei yang dilakukan Kemendikbud, UGM, Unand dan Unbrah mengindikasikan sistem pembelajaran luar jaringan atau “face to face” lebih disukai dosen dan mahasiswa, pembelajaran daring wajib dilakukan masa pandemi ini.
Selain itu kata Rektor, mengingat sistem daring ini juga telah lama mengemuka di Indonesia tepatnya pada 2008 tentunya ke depan juga akan disiapkan sistem blended learning yakni gabungan pembelajaran daring dan luring.
Sementara Wakil Rektor I Dr. rer. nat. Ir. Syafrimen Yasin, M.S, M.Sc menambahkan kegiatan ini sebaiknya diikuti semua dosen di Unbrah karena manfaatnya diperlukan untuk semua dosen.

Salah satu narasumber Harry Wahyudi, S.E, M.Si tengah mempresentasikan materi.


Terkait pelaksanaannya tentu tidak serta merta seperti yang diajarkan oleh narasumber, perlu juga kreativitas dari pengajar dalam menyajikan pembelajaran ke depan.
Sementara itu kegiatan ini dipimpin oleh dua narasumber yakni Wakil Dekan I Fakultas Ekonomi Unbrah Harry Wahyudi, S.E, M.Si dan Kepala PTIK Unbrah Noviardi Prima Putera, M.KOM.
Beberapa materi yang diajarkan antara lain Penyusunan RPS Daring, Kupas Tuntas Google Classroom atau LMS Personal, Penggunaan beberapa aplikasi pendukung, Penggunaan dan LMS Lembaga atau Portal Akademik Unbrah.