Mengenal Bidang Humas dan Kerja Sama Universitas Baiturrahmah

Kepala Biro Humas dan Kerja Sama Universitas Baiturrahmah Dr. drg. Yulia Rahmad, M.Kes


Dalam pengembangan institusi perguruan tinggi dalam hal Tridharma Perguruan Tinggi juga tidak lepas dari hubungan dengan stakeholder serta elemen masyarakat lain di luar kampus.
Tentunya penilaian dan apresiasi dari dunia luar kampus juga ikut mempengaruhi kemajuan dan pengembangan institusi tersebut.
Sebaliknya capaian dan prestasi yang diraih institusi dan civitas akademika juga perlu dketahui oleh masyarakat luar kampus guna memperkuat eksistensi Perguruan Tinggi tersebut.
Atas dasar inilah suatu kampus atau institusi perguruan tinggi membentuk bidang atau bagian yang menyangkut pada hubungan masyarakat serta aplikasinya dalam bentuk jalinan kerja sama.
Berdasarkan kepentingan hal tersebut juga Universitas Baiturrahmah (Unbrah) melalui Surat Keputusan Rektor Nomor 171/SK/UNBRAH/VIII/2020 membentuk struktur baru yang bernama Biro Humas dan Kerja Sama sekaligus mengangkat pejabat yang bersangkutan pada Kamis 27 Agustus 2020 yang nantinya direncanakan akan menjadi Wakil Rektor IV.
Dengan hadirnya biro tersebut pelayanan ke humasan dan kerja sama eksternal dapat diwujudkan dengan lebih sistematis dan efektif.
Kehadiran biro ini juga nantinya akan memudahkan unit yang ada di Unbrah dalam menyelenggarakan kerja sama dengan beragam stakeholder, sekaligus juga mengefektifkan alur informasi institusi dari dalam dan ke luar kampus.
Tentunya sebagai kampus yang cukup prioritas pada dunia kesehatan, kinerja Biro ini nantinya juga fokus pada penyelenggaraan informasi dan kerja sama yang mendukung bidang tersebut. Meskipun demikian tidak tertutup kemungkinan juga menjalin hubungan dan kerja sama dengan stakeholder yang bergerak di luar kajian kesehatan.
Pada intinya, Biro ini akan menjadi fasilitator dalam penyelenggaraan informasi dan kerja sama Universitas, Fakultas hingga Program Studi.
Pentingnya layanan hubungan masyarakat dan kerja sama karena dapat menciptakan atmosfer persaingan yang harmonis dalam penyelenggaraan pendidikan tinggi.
Secara gamblang keberadaan Biro ini juga menjadi perencana sekaligus analisator dalam kemungkinan masuknya tawaran kerja sama atau mencari peluang investasi di kampus. Melalui harmonisasi secara kehumasan, tentunya kerja sama dapat dijalin dengan baik dan saling menguntungkan.
Hal lain yang dapat diperjuangkan biro ini yakni pengembangan institusi sekaligus eksistensi di tengah masyarakat. Tentunya melalui Tridharma perguruan tinggi, kinerja akademik dan struktural di internal institusi secara filterisasi perlu diinformasikan kepada publik.
Dengan begitu pengembangan dan kemajuan dari institusi dapat diketahui secara bertahap oleh masyarakat. Secara promotif ini juga dapat meningkatkan peluang penguatan mahasiswa masuk baik secara kualitas maupun kuantitas.
Pada perjalanannya kinerja bidang Humas dan Kerja Sama juga akan disesuaikan dengan Visi dan Misi serta statuta Unbrah. Visi Unbrah saat ini yakni menjadi Universitas unggul dan terkemuka di tingkat nasional yang menghasilkan lulusan yang berpengetahuan, berketerampilan baik dan berakhlakul karimah.
Dari visi tersebut poin menjadi universitas unggul dan terkemuka adalah salah satu beban kinerja bidang Humas dan Kerja Sama. Dalam hal ini Humas dan Kerja Sama dapat menginisiasi peluang kerja sama yang dampaknya meningkatkan kualitas institusi. Selain itu bidang ini juga dapat menjadi corong informasi dalam mengenalkan kampus ke dunia luar. Artinya mengumpulkan informasi secara internal maupun eksternal kemudian menganalisis, merekomendasikan kepada pimpinan untuk menentukan beragam kebijakan dalam tataran Tridharma Perguruan Tinggi.
K
dalam Misi Unbrah yakni (i).Menyelenggarakan pendidikan akademik, profesi, dan vokasi yang berkualitas dalam rangka mencerdaskan dan memberdayakan kehidupan bangsa. (ii).Menyelenggarakan penelitian berkualitas dalam rangka menghasilkan tenaga profesional dan lulusan yang memenuhi standar kualitas. (iii).Melaksanakan Darma Bakti ilmu pengetahuan dan teknologi kepada masyarakat. (iv).Menyelenggarakan perguruan tinggi yang kredibel, akuntabel, efisien, efektif, transparan dan bertanggung jawab. (v).Menjalin kerja sama dengan berbagai lembaga/instansi dalam dan luar negeri. (vi).Menerapkan tata nilai yang Islami dalam lingkungan kampus.
Dalam poin lima (v). tersebut misinya menjalin kerja sama dengan berbagai lembaga atau instansi dalam dan luar negeri. Inilah yang menjadi representasi sekaligus dasar Kinerja Bidang Humas dan Kerja Sama ke depan.
Mengutip dari beberapa program kinerja dari Biro Kehumasan dan Kerja Sama di institusi perguruan tinggi lainnya, ruang lingkupnya meliputi publisitas, marketing, lobi, manajemen isu, dan investor.
Secara rinci bidang ini bekerja dalam publisitas antara lain 1).Koordinasi peliputan dan publikasi kegiatan kampus 2).Koordinasi dengan media massa 3).Dokumentasi kegiatan dan semua aspek kampus.
Dalam hal marketing antara lain 1).Koordinasi dalam hal promosi dan pencitraan kampus 2).Inisiasi dan rekomendasi produk kampus ke dunia luar 3).Penyusunan rencana strategi marketing kampus.
Kemudian dalam hal lobi 1).Memperkuat kepercayaan dunia luar terhadap institusi 2).Menginisiasi kerja sama dengan berbagai stakeholder 3).Merekomendasikan peluang kerja sama dari dan ke luar kampus 4).Memediasi penguatan hubungan antara civitas akademika dengan beragam stakeholder.
Dalam hal manajemen isu antara lain 1).Koordinasi informasi yang berkembang tentang kampus di dalam dan di luar 2).Memperkuat penjagaan nama baik institusi 3).Koordinasi dalam hal manajemen informasi 4).Menjaga hubungan erat dengan media massa 5).Menjaga stabilitas dan suasana kondusif informasi di kampus
Terakhir dalam lingkup investor atau investasi antara lain merumuskan pasar serta kemungkinan masuknya investasi yang masuk ke universitas, fakultas dan prodi. Dalam hal tersebut bidang ini melakukan perencanaan, inisiasi, lobi hingga eksekusi setiap peluang masuknya kerja sama dari berbagai stakeholder.
Dengan adanya bidang ini sesuai harapan Bapak Rektor Unbrah Prof. Dr. Ir. Musliar Kasim, MS yang dipaparkan saat kegiatan Pelantikan Pejabat Struktural Baru Unbrah, Kamis 27 Agustus 2020 agar dapat memperkuat kerja sama tersebut.
Hal ini juga berkaitan dengan kondisi saat ini tantangan di era revolusi industri 4.0 terasa sirna karena Corona dan berubah menjadi tantangan Program Kampus Merdeka dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI yang sangat erat hubungan dengan program kerja sama baik secara internal maupun eksternal.
Salam
Kabiro Humas dan Kerja Sama Universitas Baiturrahmah
Dr. drg. Yulia Rahmad, M.Kes