Calon Mahasiswa Unbrah sedang melaksanakan CBT PMB 2024.

Unbrah Gelar Ujian PMB Kelompok IPA Gelombang I Tahun Ajaran 2024/2025

Universitas Baiturrahmah menggelar ujian Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Kelompok IPA Gelombang 1 Tahun Ajaran 2024/2025 di Gedung I Kampus Unbrah Aie Pacah Padang.

Wakil Rektor I Unbrah Prof. Dr. rer. nat. Ir. Syafrimen Yasin, M.S, M.Sc saat ditemui di lokasi ujian mengatakan ujian ini menjadi yang pertama untuk kelompok IPA pada PMB tahun ini.

WR 1 Unbrah saat meninjau persiapan calon mahasiswa sebelum ujian

Wakil Rektor menjelaskan untuk kelompok IPA ini merupakan kelompok mahasiswa yang berijazah IPA dan memilih empat Prodi yang dikhususkan calon mahasiswanya merupakan SMA sederajat yang mengambil jurusan IPA.

“Perlu ditekankan jurusan IPA, artinya tidak dibenarkan jurusan IPS memilih keempat prodi ini” sebutnya.

Keempat Prodi tersebut katanya, Prodi Pendidikan Dokter, Prodi Pendidikan Dokter Gigi, Prodi Farmasi Klinis dan Prodi Keperawatan Anestesiologi.

lebih lanjut katanya, dalam memilih Prodi ini mahasiswa diberikan dua pilihan untuk memilih di antara keempat Prodi tersebut sesuai minat dan bakat.

Tim panitia sedang memeriksa kesiapan calon mahasiswa akan ujian.

Sementara itu Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan Unbrah Nofri Edi menyebutkan kegiatan Ujian PMB dilakukan dengan pola Computer Based Test.

Ujian ini dilaksanakan dalam tiga sesi yakni pukul 08.00 WIB, 10.00 WIB dan 13.30 WIB dimana masing2nya berlangsung selama dua jam.

Ka B.A.A.K Nofri Edi saat meninjau karantina mahasiswa sebelum ujian.

Rinciannya ujar Kabiro, mahasiswa datang masuk karantina, mengisi formulir, lalu meletakkan barang di loker dan masuk ke ruang CBT dan mengerjakan soal.

“Bila disesuaikan, estimasi mahasiswa menyelesaikan soal sekira satu jam, ” sebutnya.

Nofri Edi menambahkan mahasiswa ujian didampingi dua orang pengawas dari dosen dan tenaga kependidikan serta pengawasan menyeluruh dari tim IT.

Mahasiswa yang lolos ujian nantinya akan mengikuti persyaratan lainnya yakni tes kesehatan dan validasi.