Unbrah Menggelar Webinar “Mamaga Diri Dari Covid-19”

Universitas Baiturrahmah (Unbrah) Padang, Sumbar kembali menggelar seminar daring atau Webinar yang ketiga kali dengan tema “Mamaga Diri dari Covid-19” yang dilaksanakan pada Senin 18 Mei 2020.

Dalam Webinar tersebut menghadirkan dosen sekaligus dokter Unbrah yang juga Ketua Tim Covid-19 Unbrah dr. Rendri Bayu Hansah, Sp.PD FINASIM yang menyampaikan tentang “Meningkatkan Imunitas Tubuh Dalam Upaya Mencegah Covid-19”.

Kemudian ada Dosen Unand Kuswardani Susari Putri, M.Si Psikolog yang menyampaikan tentang “Kiat Menjaga Kesehatan Psikologis Selama Pandemi Covid-19”.

Dalam kata sambutannya Rektor Unbrah Prof. Dr. Ir. Musliar Kasim, M.S menyampaikan kegiatan Webinar ini yang ketiga kalinya dilaksanakan. Sebelum ini kegiatan lebih kepada tema “Mamaga Nagari dari Wabah Covid-19” dengan melibatkan forkopimda daerah Agam, Padang Pariaman dan Pesisir Selatan serta Pemprov Sumbar dan Polda.

Bila sebelumnya fokus pada penataan gugus tugas Covid-19 hingga daerah termasuk antisipasi warga yang mudik. Kali ini lebih kepada arahan untuk individu dalam pencegahan dan penanggulangan dampak Covid-19.

Pada penyampaiannya dr. Rendri Bayu Hansah menjelaskan tentang pentingnya tahap-tahap tertentu dalam mencegah Covid-19 sekaligus memutus rantai penyebarannya. Beberapa hal seperti makan makanan bergizi, berjemur, berolahraga hingga tidak merokok menjadi cara efektif untuk mencegah penyebaran Covid-19. Atau setidaknya menjadi cara individu dalam melindungi diri dari serangan Covid-19.

Intinya kata dokter dengan melakukan manajemen diri fisik dan sekaligus psikis. Secra psikis harus sedikit dihindari konsumsi informasi yang hoaks atau tidak jelas sumbernya.

Sementara itu Kuswardani Susari Putri lebih menerangkan tentang tiga tahapan manajemen psikologis dalam menghadapi pandemi saat ini. Tahap pertama yakni antisipasi berupa perasaan cemas, dan khawatir lalu melakukan arahan tentang protokol kesehatan dengan penuh kewaspadaan. Tahap kedua yakni identifikasi yakni mulai memahami apa yang dibutuhkan dan apa yang tidak oleh psikis. Bahkan bila terpapar virus tersebut dapat mengenali arahnya ke mana.

Tahap ketiga yakni pengelolaan psikis yakni telah menemukan cara atau solusi serta ketenangan dalam menghadapi dampak psikologis dari Covid-19 tersebut.

Dalam Webinar itu hadir juga beberapa akdemisi dari kampus lain di Padang, mahasiswa Unbrah, dosen Unbrah, tenaga kependidikan Unbrah dan masyarakat lainnya.

Kegiatan ini dipandu oleh Staff Ahli Rektor Unbrah Drs. Eka Trio Effandilus, M.Si dan diakhir acara dilaksanakan tanya jawab dengan seluruh peserta Seminar.