Unbrah Laksanakan Penyembelihan Qurban Dengan Penerapan Protokol Kesehatan

Rektor Unbrah Prof. Dr. Ir. Musliar Kasim, M.S tengah menyaksikan pemotongan sapi, Sabtu 1 Agustus 2020.

Universitas Baiturrahmah melaksanakan Kegiatan Penyembelihan Qurban Idul Adha 1441 Hijriah dengan penerapan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 pada Sabtu 1 Agustus 2020 di Kampus Aie Pacah, Padang.

Rektor Unbrah Prof. Dr. Ir. Musliar Kasim, M.S dalam sambutannya sebelum acara mengatakan sebanyak 10 sapi disembelih pada Qurban kali ini dan merupakan Qurban Civitas Akademika Unbrah, Yayasan Pendidikan Baiturrahmah, RSI Siti Rahmah dan Akademi Keperawatan.

Berbeda dari Qurban sebelumnya kata Rektor, kali ini dengan penerapan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19 yang masih merajalela.

Civitas Akademika Unbrah tengah mengkuliti dan mencincang daging.

Dalam pelaksanaannya baik saat penyembelihan, hingga proses pembungkusan diterapkan jaga jarak antara panitia satu sama lain serta menggunakan masker.

Bukan hanya itu disediakan juga tempat cuci tangan khususnya di bagian luar bagi masyarakat yang akan mengambil daging. Di samping itu juga saat pengambilan daging dilakukan jaga jarak dan tidak berkerumun.

Dan masyarakat yang mengambil daging diwajibkan menggunakan masker dan cuci tangan terlebih dahulu sebelum pengambilan.

Masyarakat mengantri mengambil daging dengan penerapan physical distancing.

Kegiatan qurban sendiri yang dilaksanakan sejak pukul 07.30 WIB hingga 16.00 WIB berjalan lancar dan jumlahnya sesuai target yakni lebih dari 2.000 bungkus.

Daging ini dibagikan kepada seluruh masyarakat kampus, ditambah masyarakat yang ada di bawah Yayasan Pendidikan Baiturrahmah, masyarakat sekitar kampus, panti asuhan, dan pedagang keliling.

Kegiatan ini diikuti oleh hampir semua civitas akademika Unbrah yang terdiri atas Pimpinan pusat Yayasan, Rektor, Wakil Rektor, Dekan, Wakil Dekan, Dosen, Tenaga Kependidikan, kemudian pegawai dan pimpinan RSI Siti Rahmah, Civitas Akper Baiturrahmah, cleaning service dan satpam.

Daging yang sudah dibungkus .

Semua mendapat tugas mulai dari pengulitan daging, pemotongan, hingga pembungkusan.

Sehari sebelumnya Masjid Baiturrahmah juga melaksanakan Shalat Hari Raya Idul Adha pada Jumat 31 Juli 2020.

Khatib dalam kegiatan itu yakni Ristawardi Datuk Batungkek Ameh yang memaparkan tentang keutamaan Qurban.