Sembilan Kampus Ikuti Lomba Density 5 Di Kampus Unbrah

Sebanyak sembilan kampus yang memiliki Prodi Pendidikan Dokter Gigi di seluruh Indonesia mengikuti lomba Dental Science For Dentists and Students Competency (Density) 5 yang diselenggarakan BEM FKG Unbrah pada Sabtu 15 Februari 2020 di Kampus Aie Pacah Padang.

Kesembilan kampus atau yang tergabung dalam Institusi Pendidikan Dokter Gigi Indonesia (IPDGI) yakni Universitas Brawijaya (UB), Universitas Prima Indonesia (UNPRI), Universitas Sriwijaya (UNSRI), Universitas Sumatera Utara (USU), Universitas Andalas (Unand), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Indonesia (UI), Universitas Moestopo Beragam dan Tuan Rumah Universitas Baiturrahmah.

Ketua Panitia Eko Prasetyawan menyebutkan terdapat empat lomba yang dilaksanakan pada Density 5 ini yakni Lomba Cerdas Cermat yang diselenggarakan di Auditorium Unbrah, Lomba Karya Tulis Ilmiah di Ruang Sidang Yayasan Pendidikan Baiturrahmah, serta Lomba Poster dan Video di Ruang Sidang Rektorat.

Kegiatan ini akan ditutup dengan gala dinner sekaligus pembacaan pemenang Density 5 per kategori yang akan diselenggarakan Sabtu (15/2) malam.

Dekan FKG Unbrah drg. Citra Lestari, MDSc Sp Perio dalam sambutannya pada pembukaan Density 5 Sabtu, mengatakan kegiatan Density 5 ini dilaksanakan selama tiga hari yang dimulai dengan seminar Density V pada Jumat 14 Februari 2020 di Auditorium Unbrah.

Pada seminar itu menghadirkan pembicara tiga orang dokter gigi yang dinilai andal dan berkompeten dalam keilmuannya. Ketiga dokter gigi itu yakni Dr. drg. Edrizal , drg. Aulia Yudha Prawira, drg Fahmi Moelya.

Pada seminar berskala nasional tersebut hadir 574 peserta dengan sistem dialog interaktif yang mana masing-masing menampilkan pemikirannya sesuai judul yang telah dirundown.

Harapannya kata Dekan, kegiatan Density ini dapat memotivasi mahasiswa untuk lebih kreatif dan inovatif dalam mengembangkan pengetahuan dan keilmuan Kedokteran Gigi. Selain itu dengan tema “The Best Aesthetic and Technology Knowledge for Dentistry In Milennial Era” ke depan Pendidikan Dokter Gigi dapat lebih berperan dalam pengembangan dunia kesehatan secara general.

Sementara itu Rektor Unbrah yang diwakili Wakil Rektor III Amrullah, SE, M.Si mengatakan pada dasarnya ilmu Kedokteran Gigi di seluruh kampus se-Indonesia sama. Sehingga semua peserta yang berkompetisi harus menjaga kekompakan dan sportivitas.

Harapannya semua peserta menikmati lomba dan kompetisi serta mau menjaga rasa persaudaraan antar sesama.

Kegiatan ini akan ditutup dengan Studi Tour yang diikuti 83 peserta dengan berwisata dan kuliner ke beberapa daerah di Sumbar pada Minggu 16 Februari 2020.

Hadir pada kegiatan pembukaan ini Wakil Rektor I, Wakil Rektor II, Wadek FKG Unbrah, Wadek Fakultas Vokasi, dan perwakilan mahasiswa.