Masjid Baiturrahmah Ganti Tarwih  “One Day One Juz” Dengan Tilawah

Masjid Baiturrahmah, Universitas Baiturrahmah Padang mengganti kegiatan shalat Tarwih dengan satu hari satu juz atau one day one juz dengan tilawah atau Mengaji satu juz satu hari dalam rangka mengikuti arahan pemerintah terkait Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) pencegahan penyebaran Covid-19.

“Yang melaksanakan Tilawah tetap saja imam yang biasa memimpin shalat Tarwih di Masjid Baiturrahmah,” kata Takmir Masjid Jemkhairil, M.Ag.

Menurutnya dengan adanya PSBB menjadikan jamaah yang selalu memadati masjia setiap tarwih dilaksanakan beberapa tahun ke belakang harus tetap di rumah dan beribadah dari rumah.

Guna mendukung upaya pemerintah memutus rantai penyebaran Covid-19 di Padang yang kian masif, pihaknya meniadakan shalat Tarwih berjamaah bersama dan sebelumnya tidak menggelar shalat Jumat dalam empat Minggu terakhir.

Tilawah ini dilaksanakan usai shalat Magrib dan Isya kemudian dilantunkan dengan pengeras suara agar terdengar oleh jamaah sekitar.

Sebelum PSBB Masjid Baiturrahmah tetap menggelar shalat lima waktu berjamaah dengan ketentuan jamaah menggunakan sajadah pribadi, menggunakan masker, sebelum masuk mencuci tangan dengan sabun dan handsanitizer dan menjaga jarak dalam shalat.