LP3M Unbrah Sosialisasikan Program Penjaminan Mutu 2020

Lembaga Pengembangan Pengajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) Universitas Baiturrahmah menyosialisasikan program penjaminan mutu pada 2020 kepada tim Gugus Kendali Mutu (GKM) 12 Program Studi dari lima fakultas pada Kamis 6 Februari 2020 di Ruang Sidang Rektor Kampus Aie Pacah Padang.

Kepala LP3M Unbrah Prof. Dr. Ir Novirman Jamarun, M.Sc mengatakan tujuan diadakan pertemuan antara GKM ini untuk menyamakan persepsi dengan LP3M sekaligus mengenalkan beberapa program SPMI oleh LP3M.

Terlebih dalam 12 Program Studi terdapat empat prodi yang baru seperti Farmasi Klinis, Keperawatan Anestesiologi, Administrasi Rumah Sakit dan Kewirausahaan. Pada prodi tersebut GKMnya baru terbentuk sehingga perlu diberikan pemahaman lebih tentang kinerja SPMI.

Di samping itu kata Kepala LP3M prinsip kampus merdeka yang telah dicanangkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nadiem Makarim juga telah mengubah paradigma SPMI dan Akreditasi yang menjadi lanjutan dari SPMI.

Dalam hal program LP3M, Prof Novirman memaparkan kinerja program tahun lalu termasuk capaiannya seperti pelaksanaan Audit Mutu Internal (AMI) di lima Fakultas, kemudian pelatihan AMI yang melibatkan dosen dari berbagai kampus swasta di lingkungan LLDikti wilayah X.

Pada tahun ini AMI akan diprioritaskan prodi yang baru selain prodi lama yang tengah persiapan dalam re-akreditasi.

“Sedangkan terkait kampus merdeka tentu memiliki kebijakan yang baru dan perlu disesuaikan dengan strategi pengembangan kampus khususnya akreditasi,” Ujar Kepala LP3M.

Misalnya pendirian prodi baru yang bisa dilakukan oleh PTN atau PTS yang memiliki akreditasi A dan B namun telah dapat bermitra dengan beragam instansi ternama.

Kemudian terkait sistem pembelajaran seperti pemberian SKS kepada mahasiswa untuk memilih mata kuliah dan magang di luar prodinya.

Sosialisasi ini sebagai pertemuan awal atau inisiasi LP3M dalam melaksanakan programnya pada tahun ini. Setelah ini akan ada pertemuan lain yang tujuannya dalam pengembangan budaya mutu.

Di akhir kegiatan dilaksanakan tanya jawab dengan peserta dan foto bersama.