LP3M Unbrah Gelar Bimtek Penyusunan Dokumen SPMI Bagi Prodi Baru

Lembaga Pengembangan Pengajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) Universitas Baiturrahmah (Unbrah) menggelar bimbingan teknis (bimtek) penyusunan dokumen Sisten Penjaminan Mutu Internal (SPMI) bagi empat program studi baru di Ruang Sidang Rektor Kampus Aie Pacah, Rabu 15 Januari 2019.

Dalam kegiatan tersebut diikuti oleh perwakilan empat prodi baru yakni S1 Terapan Keperawatan Anestesiologi, S1-Farmasi Klinis, S1-Kewirausahaan, dan S1-Administrasi Rumah Sakit.

Semua perwakilan prodi tersebut diberikan pelatihan dan pengetahun tentang Penyusunan Kebijakan SPMI dan 8 Standar Pendidikan, Penyusunan Manual Mutu, Penyusunan 8 Standar Penelitian dan Pengabdian, serta tentang pembuatan formulir mutu.

Pelatihan ini menghadirkan narasumber yang berkompeten dan telah menjadi Auditor Mutu Internal yakni Sri Oktarina, SKM, MKM, Yulianita, S.S, M.Hum dan Ira Suryanis,SST, M.Keb.

Kepala LP3M Prof. Dr. Ir. Novirman Jamarun, M.Sc mengatakan bimtek ini diperuntukkan prodi baru yang diharuskan menyusun dokumen akreditasi dan segera diakreditasi. Dalam standar akreditasi atau SNPT tersebut sebanyak 9 kriteria ada sekitar 7 kriteria berhubungan dengan penjaminan mutu.

Selain itu sebagai prodi baru tentu belum terbentuknya Gugus Kendali Mutu sebagai perpanjangan SPMI di Program Studi. Harapannya dengan bisa menyusun dokumen mutu yang terdiri atas empat instrument tersebut, GKM dapat terbentuk.

Dengan mengetahui trik dan cara tersebut juga akan memudahkan penyusunan dokumen akreditasinya karena erat hubungannya antara penjaminan mutu dengan akreditasi.

Senada itu Wakil Rektor I Unbrah Dr. rer. nat. Ir. Syafrimen Yasin, M.S, M.Sc mengatakan dengan menyusun dokumen mutu akan memudahkan prodi tersebut dalam penyusunan dokumen akreditasi. Artinya SPMI yang bersifat ke dalam juga mempengaruhi SPME yang bersifat ke luar.