Kajian Dhuha : Mengejar Keberkahan Dengan Bangun di Waktu Shubuh

Universitas Baiturrahmah (Unbrah) Padang menggelar kegiatan rutin Kajian Dhuha di Masjid Baiturrahmah dengan menghadirkan Ustadz Dr. Syofyan Hadi, Lc, MA dengan tema “Mengejar Keberkahan Dengan Bangun di Waktu Shubuh” pada Sabtu 15 Februari 2020.

Dosen Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang mengatakan Allah selalu bersumpah demi waktu seperti demi waktu Ashar, demi waktu Dhuha dan demi waktu Shubuh.

Khusus waktu Shubuh kata ustadz merupakan gerbang utama dalam memperoleh keberkahan hidup, dengan selalu bangun Shubuh.

Keberkahan hidup amat erat kaitannya dengan kebaikan seperti orang yang bangun di waktu Shubuh akan menjadi lebih pintar dan cerdas.

Dengan catatan saat bangun sebelum Shubuh atau setelah menunaikan shalat Shubuh kemudian membaca baik itu Al Quran atau buku lainnya.

Keberkahan di waktu Subuh ini bahkan terus dimunculkan Allah dalam Al Quran dengan sumpah-sumpahnya.

Bukan hanya masalah kepintaran, Shubuh dikatakan berkah karena pada waktu tersebut terdapat udara paling baik untuk dihirup. Khususnya masyarakat di perkampungan yang masih memiliki udara bersih, waktu usai shalat Shubuh menjadi waktu tempat untuk bekerja bertani atau berdagang.

Bisa dikatakan orang-orang hebat di dunia menjadikan Shubuh sebagai waktu yang tepat mengembangkan kemampuannya. Bahkan orang paling pintar di dunia Nabi Daud hanya tidur seperenam hari atau empat jam dan menjadikan shubuh sebagai awal kegiatannya.

Keutamaan Shubuh juga yakni turunnya malaikat penjaga yang turun ke bumi pada saat waktu Shubuh. Hal ini juga menjadikan pada saat Shubuh kemudian beribadah, akan mendapat pahala yang berlipat di Sisi Allah SWT.

 

Bahkan sebaliknya dalam beberapa hadist dan tafsir menjelaskan justru orang yang tidak bangun di waktu Shubuh dikatakan keberkahan hidupnya telah dicabut.

Di akhir kegiatan dilaksanakan tanya jawab antara ustadz dan jamaah yang hadir.

Kegiatan ini dihadiri oleh mahasiswa tingkat pertama, dosen, tenaga kependidikan dan jamaah sekitar masjid Baiturrahmah.