FK Unbrah Laksanakan Yudisium Profesi Dokter Pertama Secara Daring

Fakultas Kedokteran Universitas Baiturrahmah (Unbrah) Padang melaksanakan kegiatan pelantikan dan pengambilan sumpah atau Yudisium Profesi Dokter LXII melalui aplikasi daring yang merupakan pertama di institusi pada 16 Mei 2020.

Kegiatan ini dilaksanakan terpusat di Auditorium Unbrah Kampus Aie Pacah yang diikuti secara daring dari berbagai lokasi lulusan Dokter Unbrah.

Pada sambutannya Dekan FK Prof. dr. Amirmuslim Malik, Ph.D mengatakan kegiatan ini dilaksanakan mengingat adanya aturan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang mengharuskan mahasiswa belajar dari rumah. Seharusnya bila situasi normal Yudisium dilaksanakan Maret 2020 karena dokter tersebut telah lulus UKMPPD pada periode Februari 2020.

Tentunya dengan sebagian besar mahasiswa berada di luar Padang bahkan Sumbar. Dengan terlaksananya kegiatan Yudisium ini tidak mengurangi khidmatnya pelaksanaan sumpah dokter tersebut.

Dekan menyebutkan sebanyak 31 orang yang dilantik dan diambil sumpah pada hari ini. Kesemuanya telah lulus UKMPPD, OSCE dan CBT dengan IPK keseluruhan mencapai 3.00 hingga 3.50 dan predikat memuaskan.

Setelah ini kata Dekan, kesemua dokter akan melaksanakan internship dan selanjutnya akan masuk ke masyarakat dan menerapkan ilmu-ilmu yang didapat selama kuliah.

Sedangkan Rektor Unbrah Prof. Dr. Ir. Musliar Kasim, M.S mengatakan Yudisium FK ini telah mengikuti arahan dari Kemendikbud tentang antisipasi belajar di tengah pandemi Covid-19.

Selain ini pihaknya telah melaksanakan belajar jarak jauh, serta kegiatan Webinar yakni berupa seminar dengan aplikasi daring dan melibatkan banyak pihak.

Alasan diadakan Yudisium daring ini agar dokter segera mengemban tugasnya dan mengikuti internship. Selain itu sambil berkelakar Rektor beralasan agar dapat dipanggil dokter sebelum Hari Raya Idul Fitri 1441 H.

Tidak lupa Rektor juga berpesan kepada lulusan dokter untuk tetap mematuhi arahan Kemenkes dan WHO terkait memutus rantai penyebaran Covid-19. Salah satunya mengurangi intensitas ke luar rumah bila tidak perlu. Selain itu tetap menggunakan masker setiap keluar rumah serta menghindari kerumunan atau perkumpulan.

Kegiatan Yudisium ini diawali dengan pemutaran Mars Unbrah, pembukaan, dan pemutaran Lagu Indonesia Raya. Kemudian pembacaan nama lulusan oleh WDI FK Unbrah dr. Rendri Bayu Hansah, Sp.PD dilanjutkan pelantikan oleh Dekan FK kepada salah satu perwakilan lulusan yang hadir di Auditorium.

Dalam pelantikan serentak juga diikuti oleh lulusan yang ada di rumah termasuk pemasangan medali dan tanda tangan.

Dalam kegiatan ini perwakilan lulusan di rumah didampingi langsung oleh orang tua atau wali yang bersangkutan. Kegiatan ini dimulai pukul 10.00 WIB dan berakhir pada 12.00 WIB.

Kegiatan diakhiri dengan sesi foto antara lulusan dokter bersama pimpinan FK Unbrah.