FK Unbrah Gelar Studi Banding Pelayanan Kemahasiswaan Daring Bersama Unisba dan UMS

    Kegiatan Studi Banding FK antara Unbrah, Unisba, UMS terkait Pelayanan Kemahasiswaan dan Organisasi Kemahasiswaan, Selasa 28 Juli 2020.

Fakultas Kedokteran Universitas Baiturrahmah (Unbrah) Padang menggelar studi banding virtual atau secara dalam jaringan terkait pelayanan kemahasiswaan dan organisasi kemahasiswaan dengan FK Universitas Islam Bandung (Unisba) dan FK Universitas Muhammadiyah Surakarta melalui platform Zoom, Selasa 28 Juli 2020.

Ketua panitia sekaligus Ketua Unit Students Support FK Unbrah dr. Anita Darmayanti mengatakan tujuan studi banding ini untuk berbagi pengalaman antara kampus khusunya terkait bidang kemahasiswaan seperti pelayanan dan organisasi kemahasiswaan. Dari studi banding ini akan diketahui kelebihan masing-masing kampus dalam mengembangkan bidang kemahasiswaan.

Rektor Unbrah Prof. Dr. Ir. Musliar Kasim, M.S. yang membuka kegiatan mengatakan studi banding ini diharapkan bermanfaat untuk semua pihak. Seperti FK Unisba yang telah memperoleh nilai akreditasi A, FK Unbrah bisa mencontoh mulai sistem akademik dan pengelolaan fakultas.

Wakil Dekan FK Unisba dr. Zulmansyah, Sp.A , M.Kes

Dengan adanya paparan dari FK Unisba, poin-poin yang dimunculkan setidaknya menjadi acuan FK Unbrah dalam mengembangkan hal yang serupa. Sedangkan dari UMS, FK Unbrah dapat mencontoh dalam pengelolaan termasuk beberapa program yang terkait pengembangan mahasiswa.

Harapan bagi ketiga kampus , masing-masingnya dapat mengetahui sistem yang berkembang di semua institusi dan menjadi bahan diskusi ke depan dalam pengembangan bidang mahasiswa secara nasional.

 

Wakil Dekan Kemahasiswaan FK Unisba dr. Zulmansyah, Sp.A, M.Kes menyampaikan informasi terkait pengelolaan bidang kemahasiswaan yang ada di fakultasnya.

Seperti dalam bidang pelayanan kemahasiswaan, FK Unisba alah satunya menerapkan perwalian dan bimbingan konseling kepada mahasiswa dengan sistem berjenjang. Konseling ini dapat dilakukan oleh kakak angkatan kepada adik angkatan. Dalam hal ini kakak angkatan memberikan pendampingan khusus kepada adik atas persoalan yang terjadi khususnya terkait kehidupan di kampus dan akademik.

Walaupun demikian kata Wakil Dekan, tim bimbingan konsling akan turun tangan apabila persoalan mahasiswa lebih khusus.

Hal lain yang menjadi ciri khas bidang kemahasiswaan di FK Unisba yakni adanya sistem pesantren. Sistem pesantren ini dilaksanakan sebanyak tiga kali selama mahasiswa menempuh jalur pendidikan dokter hingga menjadi dokter.
Pesantren pertama dilaksanakan sebelum masuk kuliah pada mahasiswa baru, kemudian jelang lulus menjadi S.Ked dan terakhir menjelang lulus menjadi dokter.

Pesantren ini bukan semata dalam pembinaan akan Budi pekerti atau etika, namun juga pengetahuan terhadap ilmu yang diampu.

Presentasi Wakil Dekan UMS dr. Ratih Pramuningtyas, Sp.KK.

Di akhir presentasinya Wakil Dekan menyampaikan beberapa prestasi Nasional dan internasional FK Unisba bidang kemahasiswaan.

Senada itu narasumber kedua yakni Wakil Dekan I FK UMS dr. Ratih Pramuningtyas, SP.KK mengatakan kegiatan kemahasiswaan di FK UMS tidak dominan karena porsi kegiatan akademik lebih dominan.

Walaupun demikian mahasiswa menaruh perhatian pada bidang PKM atau Program Kreativitas Mahasiswa. PKM dapat dikatakan menjadi kegiatan terfavorit bagi mahasiswa FK Unbrah. Cukup banyak mahasiswa mengirimkan proposal PKM yang terdiri atas lima bidang tersebut.

Bahkan saat ini proposal PKM di FK UMS telah mencapai ratusan. Di samping itu dari PKM ini pihaknya juga kerap mengirimkan mahasiswa ke berbagai lomba dan melakukan pembinaan.

Meski PKM menjadi yang prioritas, Unit Kegiatan mahasiswa juga tetap mengembangkan diri terutama saat Pandemi Covid-19. Seperti FISKI, Cornea, TMB, Maestro, dan Kosmo.

Sama seperti Wakil Dekan FK Unisba, FK UMS juga menyampaikan beberapa capaian prestasi dari bidang kemahasiswaan.

Sementara itu Wakil Dekan III Unbrah dr. Rhandyka Rafli, Sp.Onk .Rad mengapresiasi setiap pemaparan yang disampaikan narasumber sebelumnya. Dalam hal ini Wakil Dekan menyampaikan bahwa pengembangan Kemahasiswaan di FK Unbrah mengalami peningkatan dalam waktu dua tahun terakhir.

Salah satu yang dibentuk dalam penguatan ini adanya USS atau Unit Students Support yang fungsinya dalam pelayanan mahasiswa serta organisasi mahasiswa.

Hal lain bahwa FK Unbrah mulai melakukan rapat rutin Kemahasiswaan yang melibatkan mahasiswa dan civitas akademika fakultas.

Terkait organisasi kemahasiswaan di FK Unbrah, masing-masing memiliki pembina yang fungsinya dalam pengawasan dan penasehat dalam kegiatan. Organisasi tersebut yakni Badan Eksekutif Mahasiswa, Dewan Perwakilan Mahasiswa, AEM Team, BMSC dan Fikry Assyura.

Wakil Dekan juga berharap studi banding yang menggantikan kunjungan karena adanya Covid-19 dapat membantu antara kampus dalam pengembangan bidang kemahasiswaan selanjutnya.

Tampil sebagai pembawa acara kegiatan ini Sekretariat USS FK Unbrah Rahmad Hidayat, S.T dan dimoderatori langsung Ketua USS dr. Anita Darmayanti, Sp.An.

Peserta yang hadir ini berasal dari civitas akademika FK masing-masing kampus terdiri atas pimpinan, dosen , tendik dan mahasiswa.