BEM FKG Unbrah Gelar Density 5 2020

BEM Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Baiturrahmah (Unbrah) menggelar Dental Science For Dentists and Students Competency (Density) kelima (V) pada Jumat 14 hingga Minggu 16 Februari 2020 di Kampus Baiturrahmah Aie Pacah Padang.

Ketua Panitia Muhammad Zulkarnain Almadani mengatakan Density V ini dibagi atas tiga kegiatan yakni pada 14 Februari 2020 yakni seminar nasional dengan pembicara tiga dokter gigi yakni drg. Fahmi Moelya, drg Edrizal dan drg. Aulia Yudha Prawira. Kemudian pada 15 Februari 2020 yang puncak kegiatan Density V dengan peserta 82 orang mahasiswa dan calon dokter gigi di seluruh Indonesia.

Kemudian pada 16 Februari 2020 dilaksanakan studi tour di Sumbar. Kegiatan Density ini merupakan program kegiatan BEM FKG yang dilaksanakan setiap tahun.

 

Adapun tema dari Density V ini yakni “The Best Aesthetic and Technology Knowledge for Dentistry In Milennial Era”. Dengan kata lain mengambil informasi dan pengetahuan estetika dalam bidang kedokteran gigi.

Dekan FKG drg. Citra Lestari, Sp.Perio dalam sambutannya mengatakan kegiatan ini menjadi ajang mahasiswa memunculkan kemampuan dan bakat dalam pengembangan ilmu Kedokteran Gigi secara nasional. Sekaligus juga sebagai cara menginspirasi mahasiswa Kedokteran Gigi untuk dapat menjalin komunikasi dan hubungan antar mahasiswa di berbagai kampus.

Harapannya kegiatan ini juga bermanfaat menambah pengetahuan dan sharing informasi bidang Kedokteran Gigi.

Sementara Rektor Unbrah Prof. Dr. Ir. Musliar Kasim, M.S mengatakan topik yang diambil pada Density kali ini amat menarik karena bidang kajian kesehatan gigi semata bukan karena penyakit saja saat ini namun juga keindahan.

Saat ini banyak masyarakat yang memeriksakan gigi bukan semata untuk kesehatan namun juga keindahan seperti perbaikan struktur gigi dan membersihkan karang gigi.

Artinya perkembangan pendidikan tentang kesehatan gigi cukup cepat sehingga penguatan di segala segi juga perlu dilakukan. Dalam hal ini FKG Unbrah juga melakukan penguatan dalam meningkatkan kualitas di segala segi.

Seperti upaya penguatan Rumah Sakit Gigi dan Mulut dengan harapan dapat terakreditasi dan mendapat bintang lima. Bila sudah mendapat bintang lima dan menjadi Rumah Sakit Pendidikan maka dapat mengadakan program spesialis.

Disamping itu juga untuk penguatan sarana prasarana, mulai tahun ini perkuliahan FKG dipindahkan ke kampus pusat Aie Pacah dengan menempati gedung baru. Selain penguatan secara sumber daya dan sarana prasarana, pihak kampus juga memperkuat sikap mahasiswa khususnya yang baru masuk seperti adanya Bintalfisdis, HSQ dan Hasimaru.

Bahkan di tahun kedua, mahasiswa akan dihadapkan pada kegiatan University Social Responsibility (USR). Kegiatan ini bertitik tolak pada pengabdian masyarakat dan pelayanan kesehatan dan dokter spesialis. Ini juga melatih mahasiswa untuk dapat hidup bermasyarakat dan sharing pemikiran.

Sementara itu pada kegiatan Seminar yang menghadirkan tiga narasumber tersebut di moderatori oleh drg. Puti Sari Mayang dan dibahas persoalan tentang estetika serta keindahan gigi. Total sebanyak 574 orang hadir dalam seminar tersebut.