Ahli SPMI Universitas Nasional Berbagi Pengalaman Penjaminan Mutu di Unbrah

Dr. Edy Guritno sedang membagikan pengetahuan dan pengalaman SPMI kepada pimpinan Unbrah di Ruang Sidang Yayasan Kampus Unbrah Kamis, 8 Agustus 2019.

Salah satu pakar dan ahli Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) dari Universitas Nasional Jakarta, Dr. Edy Guritno, S.E, M.Si, berbagi pengalaman tentang penjaminan mutu kepada dosen dan pimpinan Universitas Baiturrahmah (Unbrah) di Ruang Sidang Yayasan Pendidikan Baiturrahmah, Kampus Baiturrahmah Kamis 8 Agustus 2019.

Dr. Edy menyampaikan pengalaman pertamanya saat menggunakan SPMI dalam memperkuat kualitas kampusnya.

Mulai dari kehadiran SPMI yang cikal bakalnya mulai dari Standar Nasional Pendidikan dan ISO internasional. Kemudian pengalaman pertamanya menyosialisasikan di tatanan pimpinan, dosen dan warga kampus.

Dr. Edy mengaku kesulitan saat mengenalkan SPMI dalam menunjang standar di kampus. Sebab selain baru, SPMI sangat mempengaruhi dari semua bidang kerja di kampus.

Hanya saja hal ini perlu dilakukan dengan sabar dan bertahap. Sebab Audit Mutu Internal harus dilakukan setiap hari meski ada jangka waktu enam bulan.

Dengan catatan standar yang dilakukan audit harus sesuai dengan perguruan tinggi yang diaudit.

Dalam hal ini kata Dr Edy, Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu harus memiliki unit per fakultas agar kinerjanya lebih tepat sasaran dan efektif.

Di samping itu kampus juga perlu memiliki auditor yang banyak. Auditor ini bisa dilakukan pembinaan secara internal tanpa harus mendatangkan narasumber luar.

Seperti di kampusnya dilakukan Deklarasi Mutu sebagai cerminan bahwa kampus telah melaksanakan SPMI sesuai standar dan peraturan.

Muaranya atau hasilnya dari efektivitas SPMI ini yakni pada capaian akreditasi, khususnya institusi. Seperti Unas saat ini memiliki nilai A gemuk, yang faktornya ditentukan oleh konsistensi SPMI.

Sementara itu Rektor Unbrah Prof. Dr. Ir. Musliar Kasim, M.S mengapresiasi kehadiran Dr Edy dan berbagi pengalaman tentang penjaminan mutu.

Harapannya ini dapat menambah pengetahuan pimpinan di Unbrah tentang pelaksanaan audit mutu termasuk pendalaman terkait standar dan aturan lainnya.

Terlebih Unas saat ini menjadi salah satu kampus yang menerapkan SPMI terbaik di Indonesia.

Kegiatan sharing penjaminan mutu ini diselenggarakan LPPM Unbrah dan diikuti oleh semua pimpinan kampus Unbrah.