Kajian Dhuha : Tarhib Ramadhan, Bersuka Ria Menyambut Ramadhan

Kajian Dhuha.

Universitas Baiturrahmah (Unbrah) melaksanakan kegiatan Kajian Dhuha secara dalam jaringan dengan narasumber Ustadz Makrufin Ihsan, S.Ag pada Sabtu 19 Maret 2022 Melalui aplikasi ZOOM.

Dalam kajian ini Ustadz menyampaikan tentang Tarhib Ramadhan yakni bersuka ria menyambut Ramadhan. Akan tetapi dalam menyambut Ramadhan ini dilakukan sewajarnya dan tidak berlebihan seperti mandi ” balimau” tidak bersama di sungai atau kolam pemandian.

Meskipun demikian di Indonesia Tarhib Ramadhan ini kerap dicampur dengan tradisi seperti Balimau tersebut atau berziarah ke makam.

Seharusnya kegembiraan ini dilakukan misalnya dengan bersilaturahmi kepada orang tua kemudian meminta maaf atas segala kesalahan.

Kemudian melakukan tarhib Ramadhan dengan menyiapkan fisik dan menjaga agar selalu sehat seperti makan yang teratur sebab ibadah puasa dan Qiyamul Lail perlu dilakukan dengan tubuh yang sehat.

Selain itu melakukan Tarhib Ramadhan juga melalui niat untuk meminta pengampunan dosa kepada Allah dengan beribadah puasa dan semua ibadah lainnya.