Kajian Dhuha : Adab Menuntut Ilmu

Ustadz Zulfi Akmal, Lc, M.A.

Universitas Baiturrahmah (Unbrah) menggelar kegiatan kajian Dhuha secara daring pada pada Sabtu 19 Februari 2022 menggunakan aplikasi zoom.

Kegiatan ini menghadirkan ustad Zulfi Akmal Lc, MA yang menyampaikan kajian tentang “Adab Menuntut Ilmu”.

Dalam kajiannya ustad mengatakan niat kepada Allah merupakan adab menuntut ilmu yang pertama. Sebab Allah akan melaknat orang yang menuntut ilmu bukan karena Allah.

Adab berikutnya dalam menuntut ilmu yakni bersabar. Artinya orang membutuhkan waktu untuk menuntut ilmu, mempelajarinya hingga mengamalkannya.

Sabar dalam menuntut ilmu ini ibarat benda mati yang tidak henti-hentinya mempelajari ilmu tersebut.

Adab yang ketiga yakni memaksimalkan waktu sebaik mungkin dalam menuntut ilmu. Dengan kata lain ilmu yang dituntut adalah ilmu yang bermanfaat dan dapat diamalkan.

Peserta Kajian Dhuha lewat ZOOM.

Bahkan seorang ilmuwan termahsyur Ibnu Rusdi sangat menghargai waktu dalam menuntut ilmu. Ilmuwan tersebut sangat tidak ingin kehilangan waktunya karena tidak belajar.

Adab lainnya dalam menuntut ilmu yakni serius dalam mempelajari serta menambah pengetahuan dan pengalaman dalam menuntut ilmu.

Adab terakhir atau pamungkas dalam menuntut ilmu yakni mengamalkannya untuk hal yang bermanfaat.

Bahkan Allah SWT dalam Quran mengatakan barangsiapa yang menuntut ilmu kemudian mengamalkannya maka akan diberikan ilmu lainnya yang belum diketahui sebelumnya., serta ditinggikan beberapa derajat.

Keutamaan ilmu ini sangat penting bila diamalkan dan bermanfaat sebab orang yang menerima ilmu tersebut dan kemudian mengajarkannya kepada yang lain maka akan mendapat pahala bagi yang memberikannya.

Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa tahun pertama secara daring dan luring bagi mahasiswa , dosen dan tendik menggunakan protokol kesehatan pencegahan covid 19.